Beranda /Berita /Kategori

Man 1 Pringsewu Siap Hadapi Perkembangan Ti

Pringsewu (Inmas). -- Teknologi informasi dalam dunia pendidikan sangat berperan penting. Di era modern ini peran teknologi dan informasi sangat penting dan vital. Dengan menguasai teknologi dan informasi, kita memiliki modal yang sangat cukup untuk lebih berpeluang dalam persaingan global. Teknologi informasi dan multimedia telah memungkinkan diwujudkannya pembelajaran yang efektif dan menyenangkan di lembaga pendidikan untuk menyampaikan pesan kepada peserta didik.

Dalam dunia pendidikan, teknologi dan informasi telah mengubah paradigma penyampaian materi yang lain kepada peserta didik. “Sekarang ini lembaga pendidikan dituntut untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi dalm memberikan pelayanan kepada pendidik dan pelajar sehingga output atau hasil bisa berkualitas,” demikian kata Guru TIK MAN 1 Pringsewu Rahman Hakim, Jumat (11/11).

Perkembangan yang sangat pesat dari dunia teknologi juga harus direspon secara cepat khususnya oleh tenaga pendidik agar tidak tertinggal alias Gaptek. “Para guru juga harus meningkatkan kualitas penguasaan media pembelajaran berbasis teknologi yang nantinya akan menjadi kebutuhan penting dalam pembelajaran,” tambahnya.

Rahman menjelaskan bahwa guru harus menyadari bahwa kehidupan sekarang ini perlahan mulai berubah dari yang dahulunya era industri berubah menjadi era teknologi informasi. Pengaruhnya era globalisasi dan informasi menjadikan komputer, internet dan pesatnya perkembangan teknologi informasi sebagai bagian yang harus ada atau tidak boleh kekurangan di kehidupan kita

“Tanggung jawab Madrasah dalam memasuki era globalisasi ini yaitu harus menyiapkan siswa untuk menghadapi semua tantangan yang berubah sangat cepat dalam masyarakat. Kemampuan dan kemahiran di bidang komputerisasi adalah syarat yang biasa diminta masyarakat untuk memasuki era global baik di Indonesia maupun di seluruh dunia,” terangnya

Perlahan menurutnya MAN 1 Pringsewu sudah mulai bergerak kearah proses adaptasi tersebut yang salah satunya adalah kesiapan MAN 1 pringsewu untuk menjadi Madrasah yang akan menggelar Ujian Nasional 2017 berbasis Komputer atau UNBK.

“Mudah-mudahan ini akan menjadi salah satu batu loncatan perkembangan MAN 1 Pringsewu untuk lebih maju dalam bidang Informasi dan teknologi,” pungkasnya. (Muhammad Faizin/ijal).

Tinggalkan Komentar