Kamis, 10 Agustus 2017, 10:13

Kepala Kementerian Agama Kota Bandar Lampung Kunker ke Kemenag DIY

Kepala Kantor Kementerian Kota Bandar Lampung, Drs. H. Seraden, M.H, bersama rombongan mengadakan Kunjungan Kerja (Kuker) ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta. Kedatangan mereka disambut hangat olehKabid Penmad, Drs. H. Edhi Gunawan. M.Pd.I, dan Kasubag Humas.

Menurut Seraden, kedatangannya bersama rombongan ke Kemenag tersebut ingin bersilaturahim serta menambah wawasan terhadap pelayanan kepada masyarakat berkaitan dengan Pelayanan Satu Pintu dan Pelayanan terpadu satu pintu (PTSP).

Selanjutnya Edhi Gunawan selaku Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama DIY mengatakan Selamat Datang dan terima kasih telah berkunjung ke kantor ini dan semoga silaturahmi ini bisa dilaksanakan secara berkesinambungan dari waktu ke waktu.

Edi pun menjelaskan bahwa sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) ini merupakan pilot project Kementerian Agama Republik Indonesia. Ini menjadi salah satu program Kemenag dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada umat.

"PTSP merupakan upaya transformasi pelayanan publik guna mewujudkan Kementerian Agama sebagai instansi yang bersih melayani, sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo terkait reformasi birokrasi," kata Edhi.

Ia juga menerangkan, Program PTSP ini mengintegrasikan antara teknologi dan informasi. Semua pelayanan akan dilakukan secara terbuka dan dilayani dalam satu ruang. PTSP ini juga disiapkan sebagai ruang publik yang akan mengurus beragam pengajuan perizinan, informasi seputar bantuan dan beasiswa, termasuk layanan aduan masyarakat. Semua layanan itu didasarkan standar operasional prosedur (SOP), serta jangka waktu pelayanan yang jelas. Selain itu, pengelolaannya juga akan mengacu kepada standar mutu pelayanan prima.

Selanjutnya Edhi juga menjelaskan ada beberapa pelayanan yang bisa dilayani dalam PTSP. Mulai dari izin penelitian pendirian madrasah, rekomendasi izin usaha haji umroh, hingga permohonan lain. Semuanya akan dilayani dan gratis dan semoga dengan adanya dan kehadiran PTSP ini akan mempermudah akses publik terhadap layanan yang ada di Kementerian Agama DIY, ujarnya.

Dia mengatakan dengan pengelolaan data digital, dokumen-dokumen perizinan akan lebih mudah diverifikasi, diolah sesuai peruntukannya dan memiliki risiko kecil sehingga sistem kerja akan menjadi lebih rapi, produktivitasnya terukur dan semua aktivitas proses layanan juga tercatat.

Pasca mendapatkan informasi dari Kabid Penmad tersebut, Kakankemenag Kota Bandar Lampung mengucapkan terima kasih atas segala informasi dan wawasan yang Ia bersama rombongan dapatkan mengenai PTSP ini.

"Alhamdulillah informasi ini sudah kami dapatkan dan akan kami pelajari lebih dalam lagi mengenai PTSP ini sehingga Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung bisa menerapkan pelayanan ini di kemudian hari guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat", ujarnya.

Diakhir kuker tersebut, Kakankemenag Kota Bandar Lampung ini melihat situasi dan kondisi secara langsung pelayanan tersebut dengan berinteraksi dan beramah tamah dengan petugas yang menangani pelayanan tersebut.(gie)

Berita Lainnya
Kamis, 19 Oktober 2017, 18:22

QOMARU ZAMAN BESERTA JAJARAN KANKEMENAG LAMPUNG UTARA MONITORING RKB MTs AL-FATAH

Kamis, 19 Oktober 2017, 18:21

QOMARU ZAMAN BERIKAN PEMBINAAN KEPALA MADRASAH DAN GURU SE-KKM MTsN 3 LAMPUNG UTARA SERTA KKM SE-MAN 2 LAMPUNG UTARA

Kamis, 19 Oktober 2017, 18:10

KEPALA KANKEMENAG KUKUHKAN EKSTRAKURIKULER MTsN 3 LAMPUNG UTARA

Kamis, 19 Oktober 2017, 15:40

Kasi Pendidikan Madrasah Pantau Persiapan KMD 2017

Kamis, 19 Oktober 2017, 15:28

KEPALA KEMENAG LAMPUNG BARAT MELAKUKAN MONEV DI KUA