Rabu, 13 September 2017, 14:45

Gali Data dan Informasi Tentang Terorisme,Tim Balitbang Kemenham Sambangi Kanwil Kemenag Lampung

Lampung Inmas, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertahanan RI berkunjung ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung dalam rangka menggali data dan informasi terkait implementasi bela Negara dalam upaya pencegahan WNI terlibat terorisme. Tim terdiri dari tiga orang yaitu Gerald Theodorus, L.T, S.H, M.H, (ketua), Yeyep Pirdaus, S. Sos, M.M dan Daryono, S.Pd., M.M. (13/9)

Kunjungan kami tim Balitbang ini ke Provinsi Lampung adalah untuk mencari data bela negara, dan mengetahui sejauhmana penerapan bela Negara dalam mencegah terorisme di Lampung, khususnya di tingkat mahasiswa,Ujar Gerald. Disamping melakukan penelitan di Perguruan Tinggi yang ada di Provinsi Lampung, kita memmerlukan data pendukung lain seperti dari Badan Intelejen Nasional Daerah, Pemerintah Daerah, Kesbangpol, Kementerian Agama, Korem Polda, dan juga Forum Koordinasi Pencegahan terorisme (FKPT) Provinsi Lampung,Tambahnya.

Menurut tim Balitbang provinsi Lampung disinyalir sebagai daerah yang mempunyai potensi untuk pertumbuhan terorisme, berdasarkan hasil investigasi dan beberapa laporan dari lembaga terkait. Namun hal ini di sangkal oleh Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Luqmanul Hakim yang mewakili Kepala kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung. Karena menurutnya sejauh ini kondisi keamanan di Provinsi Lampung dalam keadaan kondusif. Bahkan menurut Kepala Bidang PAKI Daswir ada dua pondok pesantren di Provinsi Lampung yang dicurigai sebagai tempat pendidikan teroris, namun setelah dilakukan investigasi ternyata tidak ada aktivitas apapun terkait dengan terorisme dan radikalisme disana.

Kami bersama dengan tim sudah datang ke dua pondok pesantren yang lokasinya di Jati Agung dan Kalianda, yang disinyalir terkait dengan gerakan-gerakan terorisme dan radikalisme,Kata Daswir. Namun hasil investigasi kami ternyata tidak ada yang aneh dari dua pondok itu, Jelas Daswir.

Hadir dalam pertemuan itu seluruh Kepala Bidang, Pembimas dan kasubbag pada Kanwil Kemenag Lampung. Masing-masing pimpinan unit kerja tersebut diminta untuk menyampaikan paparan singkat tentang apa yang dilakukan Kemenag Lampung dalam upaya pencegahan terorisme di Provinsi Lampung. (Alif)

Berita Lainnya
Rabu, 20 September 2017, 11:19

Meraih kemabruran hidup di bulan hijriah

Rabu, 20 September 2017, 10:18

PPIH Tulang Bawang Adakan Rapat Persiapan Pemulangan Jama’ah

Selasa, 19 September 2017, 14:38

Sobri Buka Rapat Persipan MTQ XI Kab. Tulang Bawang

Senin, 18 September 2017, 16:35

Seksi Penmad Kemenag Tulang Bawang Gelar Bimtek PPK

Senin, 18 September 2017, 12:28

Ka.Kanwil Kemenag Lampung Terima Penghargaan Pramuka Panca Warsa IV