Rabu, 4 Oktober 2017, 15:13

Waldy : Tahun Baru Hijriyah, Momentum untuk Muhasabah

Balam (Inmas) -- Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tanjung Karang Timur, H. Waldy Mahbuba, S.Ag., M.Sy, memberikan khotbah jum'at pada pelaksanaan shalat jum'at.

Dalam khotbah jumatnya, Waldy mengucapkan ALHAMDULILLAH pagi ini kita telah berada di tahun baru 1437 Hijriah. Allah masih memberikan napas sehingga kita dapat melaksanakan aktivitas. Sebagai penanda, pergantian tahun ini adalah penggalan perputaran waktu. Penggalan penanda bahwa usia kita di dunia ini telah bertambah tapi juga berkurang. Dikatakan bertambah karena usia kita telah bertambah setahun pula. Dikatakan berkurang, karena jatah hidup kita di permukaan bumi ini telah terpakai setahun. Kita akan menjalani sisanya. Semuanya tergantung bagaimana kita memandang penggalan waktu ini.

Dalam memeriahkan kedatangan 1438 Hijrah ini. Kedatangannya tidak perlu ditandai dengan riuh-rendah pesta-pora, campur-baur muda-mudi yang menyesak ke jalan raya dengan bising bunyi-bunyian dan gemerlap kembang api jelang tengah malam. Hal-hal itu tentu saja tidak akan menyampaikan kita kepada muhasabah yang ingin kita capai dengan pergantian tahun.

Lebih lanjut, Allah mengingatkan kita tentang muhasabah ini. "Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan", (QS Al-Hasyr:18).

Muhasabah tidak berarti membuat kita pesimis. Muhasabah justru membuat kita optimis karena kita hanya akan melakukan yang terbaik. Yang terbaiklah yang kita persembahkan kepada Allah. Termasuklah apapun yang kita kerjakan terkait dengan hubungan kita kepada Allah (ibadah), interaksi kita dengan sesama manusia (muamalah), dan kepatuhan kita dalam mengikuti hukum-hukum Allah (syariat). (gie/ijal).

Berita Lainnya
Selasa, 17 Oktober 2017, 14:08

Seksi Penmad Gelar Rapat Persiapan UNBK

Selasa, 17 Oktober 2017, 13:51

Kusno : Muslim dilarang mencela waktu dan masa

Selasa, 17 Oktober 2017, 13:38

Kakankemenag Balam Hadiri Pisah Sambut Kepala Kemenag Lamteng

Selasa, 17 Oktober 2017, 13:24

Kemenag Lampung Timur Sambut Penetapan Lampung Timur Sebagai Daerah Layak Anak

Selasa, 17 Oktober 2017, 10:26

KKRA Kab. Lampung Tengah Gelar Kurtilas