Selasa, 10 Oktober 2017, 08:14

Solhani Berikan Tips Mengatasi Konflik Dalam Rumah Tangga

Balam (Inmas) -- Dalam berumah tangga, hal manis dan pahit pasti akan dialami oleh semua orang. Nyaris tidak mungkin suatu rumah tangga hidup tanpa ada gesekan-gesekan/perbedaan pendapat bahkan pertengkaran. Hal ini sebenarnya sangat manusiawi. Oleh karena itu Penghulu Madya Kantor Urusan Agama, Solhani, S.Ag, memberikan Tips Mengatasi Konflik Dalam Rumah Tangga pada saat Kursus Calon Pengantin dikantornya.

Selain itu juga, Ia menjelaskan bahwa mengarungi bahtera rumahtangga sama seperti mengarungi bahtera di samudera luas, yang memiliki ombak yang besar, badai yang tidak kecil dan dihiasi karang-karang yang cadas. Artinya untuk mewujudkan rumahtangga yang bahagia, sakinah, mawaddah warohmah, tidaklah semudah seperti membalikkan telapak tangan.

Namun, pertikaian/konflik dalam rumah tangga hendaknya tidak menjadi bencana bagi sebuah keluarga maka sebisa mungkin kita harus menyelasikannya sampai tuntas. Berikut ini 9 tipsnya dalam menagatasi konflik dalam rumah tangga antara lain Menerima Konflik. Adanya konflik menunjukkan bahwa ada perbedaan di antara Anda berdua yang bisa saling Anda pelajari. Jangan memendam konflik yang ada, justru Anda dan pasangan harus bisa menerima konflik dan belajar untuk menyelesaikannya secara bersama. Fokus Pada Masalah, Saat sebuah konflik muncul, pikiran Anda harus fokus pada isu dan masalah bukan pasangan Anda. Tidak perlu membawa masalah menjadi urusan pribadi dengan menghina atau mengata-ngatai pasangan Anda yang dapat mengakibatkan salah satu pihak sakit hati.

Tips selanjutnya Mendengarkan, Masalah tidak akan selesai jika Anda dan pasangan saling berteriak. Beri kesempatan pada suami untuk menceritakan masalah dari sisi sudut pandangnya dan dengarkan baik-baik. Kemudian, giliran Anda menceritakan masalah dari sisi Anda dan minta suami untuk mendengarkan. Tidak Bersikap Defensif. Membela diri sendiri dengan protes yang berlebihan hingga menyerang pasangan justru akan merubah konflik menjadi sebuah pertengakaran hebat. Daripada bersikap defensif yang berlebih, lebih baik tanyakan setiap detail masalah padanya dan berpikir untuk mendapatkan sebuah solusi. Menyebutkan Secara Spesifik, Saat terjadi konflik, buatlah peraturan dengan suami untuk tidak menggunakan kata selalu dan tidak pernah. Dengan menyebutkan setiap detail dan tidak melakukan generalisasi berlebihan yang justru dapat memperkeruh keadaan. Mencari Kesamaan, Coba cari kesamaan dari sudut pandang Anda dan pasangan yang membuat Anda berdua setuju pada suatu titik. Menyetujui bahwa terdapat masalah dalam rumah tangga memang perlu dilakukan, namun lebih penting lagi untuk mencari solusi yang sama-sama disepakati. Membuat pilihan, Konflik akan segera selesai jika ada kerja sama di antara kedua belah pihak. Siapkan beberapa pilihan alternatif solusi untuk Anda dan pasangan agar dapat sama-sama setuju pada sebuah solusi yang saling menguntungkan. Memberikan pilihan solusi sama dengan menghargai suami. Memberikan kelonggaran, Belajar saling memberi kelonggaran saat menghadapi konflik rumah tangga, dapat membuat Anda berdua belajar untuk saling berkompromi. Setiap solusi tidak harus berakhir 50-50, tapi terkadang 60-40 atau 80-20. Ini bukan masalah kejar-mengejar skor akan tetapi mencari solusi yang sama-sama baik bagi Anda dan suami. Berdamai, Berdamai dengan pasangan saat konflik yang sedang dihadapi bukan berarti Anda kalah dan pasangan yang menang. Ada hal yang lebih penting dari sekedar memenangkan sebuah konflik, yakni pernikahan Anda dan pasangan Anda.

Itulah tips mengatasi konflik dalam rumah tangga. Jika masalah rumah tangga yang dihadapi menjadi begitu berat sehingga membahayakan stabilitas hubungan Anda berdua, camkan dan ingatlah komitmen Anda berdua saat memutuskan untuk hidup bersama. Sadarlah bahwa masalah akan selalu ada dalam hidup manusia, dan jangan biarkan rintangan menghancurkan komitmen dan janji suci yang sudah Anda buat saat menikah.(gie/ijal)

Berita Lainnya
Selasa, 17 Oktober 2017, 14:08

Seksi Penmad Gelar Rapat Persiapan UNBK

Selasa, 17 Oktober 2017, 13:51

Kusno : Muslim dilarang mencela waktu dan masa

Selasa, 17 Oktober 2017, 13:38

Kakankemenag Balam Hadiri Pisah Sambut Kepala Kemenag Lamteng

Selasa, 17 Oktober 2017, 13:24

Kemenag Lampung Timur Sambut Penetapan Lampung Timur Sebagai Daerah Layak Anak

Selasa, 17 Oktober 2017, 10:26

KKRA Kab. Lampung Tengah Gelar Kurtilas