Kamis, 12 Oktober 2017, 13:24

Penghulu KUA Kecamatan Labuhan Ratu Balam Ajak Catin Terapkan 8 Fungsi Keluarga dalam RT

Balam (Inmas) -- Yubsir selaku Penghulu pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung menyampaikan tentang pentingnya menerapkan 8 Fungsi Keluarga dalam kehidupan rumah tangga. Hal ini disampaikannya saat memaparkan materi tentang Pelaksanaan Fungsi Fungsi Keluarga dan Manajemen Keluarga dihadapan sepasang calon pengantin yang sedang mengikuti Kursus Pra Nikah yang dilaksanakan oleh KUA Kecamatan Labuhan Ratu, Kamis (12/10) di Aulan kantor setempat.

Keluarga sejahtera merupakan dambaan dan harapan dari setiap keluarga. untuk mencapai kondisi tersebut bukan suatu yang tidak mungkin terjadi, apabila setiap keluarga menerapkan fungsi-fungsi yang seharusnya berjalan didalam kehidupan keluarga. fungsi yang dimaksud tersebut dikenal sebagai delapan fungsi keluarga".

Delapan fungsi keluarga tersebut adalah (1). fungsi keagamaan, (2). fungsi sosial budaya, (3). fungsi cinta kasih, (4). fungsi perlindungan, (5). fungsi reproduksi, (6). fungsi sosial & pendidikan, (7). fungsi ekonomi dan (8). fungsi pembinaan lingkungan.

Diakhir materinya, Yubsir meminta dan mengajak Catin agar Delapan fungsi keluarga ini pintanya, jangan sekedar simbol, tapi pijakan dan tuntutan keluarga dalam menjalani roda kehidupan dalam menjalani kehidupan rumah tangga. Untuk itu, sebelum menikah ada banyak hal yang harus dipersiapkan, yakni ; persiapan spiritual / moral; persiapan konsepsional; persiapan kepribadian; persiapan fisik; persiapan material dan persiapan sosial.(gie/sry)

Berita Lainnya
Selasa, 17 Oktober 2017, 14:08

Seksi Penmad Gelar Rapat Persiapan UNBK

Selasa, 17 Oktober 2017, 13:51

Kusno : Muslim dilarang mencela waktu dan masa

Selasa, 17 Oktober 2017, 13:38

Kakankemenag Balam Hadiri Pisah Sambut Kepala Kemenag Lamteng

Selasa, 17 Oktober 2017, 13:24

Kemenag Lampung Timur Sambut Penetapan Lampung Timur Sebagai Daerah Layak Anak

Selasa, 17 Oktober 2017, 10:26

KKRA Kab. Lampung Tengah Gelar Kurtilas