Kamis, 12 Oktober 2017, 16:09

Percepat Reformasi Birokrasi Biro Ortala Laksanakan Asistensi di Kanwil Kemenag Lampung

Lampung (Inmas), Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Kementerian Agama RI menggelar asistensi implementasi reformasi Birokrasi di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung. Kegiatan yang dilaksanakan selama 1 hari itu diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari Kepala Bidang, Pembimas, Kasubbag dan juga JFU pada Kanwil Kemenag Lampung (12/10).

Kartika Damawanti , S. Kom, MM Kepala Bagian Fasilitasi Reformasi Birokrasi dan Pelaporan Biro Ortala Kementerian Agama RI selaku ketua Tim Asistensi mengatakan berdasarkan penilaian mandiri pelaksanaan reformasi birokrasi yang telah dilakukan oleh Kementerian Agama, indeks reformasi birokrasi di Kementerian Agama mencapai angka 78,82, namun hal ini hasilnya mungkin berbeda dengan penilaian yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Jika indeks reformasi birokrasi tersebut memenuhi kriteria baik, ditunjang dengan opini wajar tanpa pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan dan indeks Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang baik pula maka kemungkinan besar tunjangan kinerja pegawai Kementerian Agama akan naik, Terang Kartika.

Menurutnya ada 8 Area perubahan dalam Reformasi Birokrasi ini yaitu: Menejemen Perubahan, Penataan hokum dan peraturan perundang-undangan, Penataan dan penguatan Organisasi, penguatan tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan dan Penguatan kualitas layanan publik.

Sementara itu Kepala Kanwil kemenag Provinsi Lampung dalam arahannya mengatakan Kanwil Kemenag Lampung sampai dengan saat ini telah melakukan beberapa hal terkait reformasi birokrasi. Seperti misalnya penanda tanganan Pakta Integritas dari pejabat maupun karyawan/ti, finger print untuk kehadiran, membuat PPID, Membuat Tim reformasi birokrasi sejak tahun 2015 dan lain-lain. . Reformasi birokrasi juga dilaksanakan pada pelayanan di tingkat Kantor Urusan Agama Kecamatan. Saya berkomitmen akan memberikan sangsi tegas kepada aparat KUA yang melakukan pungutan biaya nikah diluar peraturan perundang-undangan yang berlaku,tegas Ka.Kanwil. (Alif)

Berita Lainnya
Senin, 9 Oktober 2017, 05:58

Issu Kerukunan Beragama Sangat Berdampak pada Ketahanan dan Pembangunan Nasional

Senin, 9 Oktober 2017, 05:56

Kunjungi Kementerian Agama Lampung, Malik Fajar Paparkan Tupoksi Wantimpres

Senin, 9 Oktober 2017, 05:56

Wantimpres Malik Fajar Tegaskan Kementerian Agama Tidak Mungkin Dibubarkan

Minggu, 1 Oktober 2017, 20:07

Deteksi dini kanker, Dharmawanita Kanwil Laksanakan Sosialisasi

Rabu, 20 September 2017, 11:19

Pegawai Kemenag Harus Jadi Pelopor Pemersatu Umat