Kamis, 9 November 2017, 15:08

PENMAD KEMENAG TULANG BAWANG ADAKAN BIMBINGAN TEKNIS PENYUSUNAN SOAL SEMESTER 1 (SATU) PADA MADRASAH IBTIDAIYAH

Tulang Bawang (Inmas) Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang Seksi pendidikan madrasah menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan soal semester 1 (satu) pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) tahun pelajaran 2017/2018 diikuti oleh Guru Kelas dan Guru Agama se-Kabupaten Tulang Bawang. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis, 9 November 2017 yang diikuti oleh 60 Guru dari MI yang ada di Tulang Bawang.

Acara dibuka oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Hj. Eviyana, S.Ag., M.Pd.I. didampingi oleh Pengawas jenjang dasar Rokhman, M.S.I. dalam sambutannya Evi menyampaikan bahwa Kegiatan bimtek dilaksanakan dengan tujuan untuk memberi petunjuk dan bimbingan dalam penulisan dan penyusunan soal ulangan akhir semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 kepada guru yang termasuk dalam tim pembuat soal agar tidak terjadi kesalahan dan hal-hal yang tidak diinginkan. Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Hj. Eviyana, S.Ag., M.Pd.I. yang juga sebagai narasumber bimtek mengatakan bimbingan tersebut bertujuan untuk menyeregamkan dalam pembuatan soal ulangan akhir Se-Kab. Tulang Bawang.

Menurut Evi, segala sesuatunya harus dipersiapkan lebih awal mulai dari membuat soal, pengetikan dan penggandaannya. "Persiapan harus kita buat dari sekarang agar tidak terjadi kesalahan seperti yang terjadi sebelumnya dan biarlah kesalahan yang lalu kita jadikan pengalaman yang bisa kita jadikan pelajaran bagi kita semua untuk masa yang akan datang," kata Evi. Selanjutnya Evi mengharapkan agar guru yang bertugas membuat soal agar lebih kreatif dan jangan sampai membuat soal dengan meng-copy paste soal-soal yang terdahulu agar bisa dipertanggungjawabkan serta disesuaikan dengan kurikulum yang sekarang. Ditambahkannya, khusus mata pelajaran agama semua mata pelajaran sudah menggunakan kurikulum 2013 sedangkan mata pelajaran umum kurikulum 2013 hanya untuk kelas I, II, IV dan V sedangkan kelas III dan VI masih menggunakan kurikulum KTSP 2006. "Kepada tim pembuat soal agar selalu berkordinasi dengan panitia ulangan dan menjalin kerjasama yang baik sehingga soal ulangan dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat pada waktunya," harap Evi.

Kepala Pendidikan Madrasah Evi menyambut positif dan mendukung sepenuhnya kegiatan bimtek tersebut dan berharap petugas tim yang terpilih dalam pembuat soal agar dapat mengikuti kegiatan bimtek dengan seruis, baik dan benar. Ini merupakan kesempatan bagi guru untuk menambah ilmu dan pengalaman dalam pengembangan diri dan berharap agar ilmu yang didapat nanti bisa ditularkan dengan guru-guru yang lain.(esw/ab/sry)

Berita Lainnya
Rabu, 22 November 2017, 10:23

Sosialisasi Data EMIS PAI

Rabu, 22 November 2017, 09:26

Ka Kemenag Monitoring Evaluation Gedung dan Bangunan

Rabu, 22 November 2017, 09:01

Sosialisasi Kabupaten Layak Anak di Kabupaten tanggamus

Rabu, 22 November 2017, 08:52

Rapat Pokjawas Bahas Fakta Integritas Pengawas Madrasah

Rabu, 22 November 2017, 08:25

Drs. H. Karwito, MM Pimpin Rapat Pesrsiapan HAB 72 Tahun 2018