Selasa, 14 November 2017, 16:35

BIMTEK BENDAHARA PENGELUARAN DAN BENDAHARA PENERIMAAN DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DI LINGKUP KEMENAG TUBA BARAT

Tubaba ( Inmas) -- Bertempat di Balai Tiyuh Pulung Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Selasa 13/11/17, Subbag TU ( Sekjen) dalam hal ini bagian Keuangan mengadakan kegiatan Bimtek, yang dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten tulang bawang barat, H. Sedarno, S.Pd, yang sekalgus sebagai nara sumber pertama, sebagai nara sumner Sedarno menyampaikan Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan tentang kedudukan dan tanggung jawab bendahara pada satuan kerja pengelola APBN. Menyatakan bahwa guna memberikan pedoman bagi Bendahara dalam melaksanakan tugasnya,so that perlu mengatur mengenai kedudukan dan tanggung jawab Bendahara pada satuan kerja pengelola anggaran pendapatan dan belanja negara. Tugas dan Tanggung jawab bendahara keuangan sangat mempengaruhi tata kelola keuangan pemerintah daerah. Jelasnya

Beliau juga menyampaikan Bendahara pengeluaranadalah orang yang ditunjuk menerima, menyimpan,membayarkan, menata usahakan sertamempertanggung jawabkan uang untuk keperluan belanja negara. While,Bendahara Penerimaanadalahorang yang ditunjuk menerima, menyimpan,menyetorkan, menatausahakan sertamempertanggung jawabkan uang pendapatan negara. So,Bendahara pengeluaran dan bendara penerimaan merupakan pejabat perbendaharaan yang secara fungsional bertanggungjawab kepada kuasa BUN (bendahara umum negara) dan secara pribadi bertanggungjawab atas seluruh uang atau surat berharga yang dikelolanya dalam rangka pelaksanaan APBN pada Kantor/Satuan Kerja Kementerian Negara/Lembaga.

Acara yang dihadiri seluruh bendahara penerimaan dari masing-masing satker ini berjalan sesuai harapan, kata Efrizon, S.Ag, MH selaku Pemateri kedua, beliau menyampaikan Seperti yang kita ketahui bahwa bendahara keuangan memiliki peranan yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan, especiallydalam mendukung dan mewujudkan pemerintahan Kementerian Agama yang bersih dan berwibawa. Untuk itu diperlukan kompetensi yang memadai, baik dalam hal mekanisme pembayaran maupun pembukuan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Di samping ituuntuk meningkatkan kinerja aparatur pemerintah dalamkepemerintahan yang jujur, bersih dan baik. Bimtek kali ini dengan tema Laporan Keuangan yang professional dan akuntabel (fadilah/ijal)

Berita Lainnya
Rabu, 22 November 2017, 10:23

Sosialisasi Data EMIS PAI

Rabu, 22 November 2017, 09:26

Ka Kemenag Monitoring Evaluation Gedung dan Bangunan

Rabu, 22 November 2017, 09:01

Sosialisasi Kabupaten Layak Anak di Kabupaten tanggamus

Rabu, 22 November 2017, 08:52

Rapat Pokjawas Bahas Fakta Integritas Pengawas Madrasah

Rabu, 22 November 2017, 08:25

Drs. H. Karwito, MM Pimpin Rapat Pesrsiapan HAB 72 Tahun 2018