Rabu, 15 November 2017, 11:22

Ka.Kanwil Kemenag Kukuhkan Himpunan Muallaf Lampung

Lampung Inmas, Muallaf adalah orang yang baru masuk Islam dalam beberapa tahun dan masih awam dalam Ilmu agama Islam, Sedangkan dalam bahasa Arab Muallaf artinya adalah orang yang beserah diri,tunduk, dan pasrah. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung saat mengukuhkan pengurus Himpunan Muallaf Lampung (Himula) Periode 2016-2021 di Aula Pepadun Kanwil kementerian Agama Provinsi Lampung. (15/11)

Suhaili mengatakan pengurus Himula yang baru saja dikukuhkan boleh saja secara pribadi menyebut dirinya sebagai muallaf, namun secara kualitas diri mereka bukan lagi muallaf tapi bisa disebut sebagai mudarris atau bahkan muallim. Kita bisa melihat mereka mungkin lebih berilmu, lebih religius lebih fasih membaca Al Quran dibandingkan kita yang memang sudah Islam dari lahir,Terang Suhaili. Saudara-saudara kita yang muallaf ini adalah orang-orang hebat yang terpilih mendapatkan hidayah dari Allah untuk masuk Islam, saya yakin mereka mempunyai derajat khusus di hadapan Allah SWT, Tambahnya.

Islam adalah agama Rahmatal lil alamin artinya Islam merupakan agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi semua seluruh alam semesta, termasuk hewan, tumbuhan dan jin, apalagi sesama manusia. Islam adalah agama yang damai yang mengajak kepada kebaikan. Tidak dibenarkan memaksakan orang lain untuk Masuk Islam. Hal ini dijelaskan dDalam surat Al baqoroh ayat 256 dikatakan Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Kata Suhaili.

Ka. Kanwil berpesan agar Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah agar terus melakukan pembinaan kepada Himula berkoordinasi dengan Kantor Urusan Agama Kecamatan untuk membina saudara-saudara baru masuk Islam. Ka.Kanwil juga berharap agar Himula ini dapat dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung.

Sementara itu Kepala Bidang Urais dan Pembinaan syariah dalam laporannya mengatakan Himpunan MuallafLampung merupakan wadah bagi para muallaf di Provinsi Lampung untuk beraktivitas membina keimanan, ketaqwaan dan kecendekiawanan dalam mewujudkan Insan muslim secara kaffah.

Lebih lanjut ketua umum Himula yang baru dikukuhkan H. Djafar Siddiq Sembiring, SE dalam sambutannya mengatakan bahwa organisasi Himula ini usianya masih sangat muda. Sehingga bimbingan dan arahan dari jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung. Pihaknya mengaku saat ini anggota Himula yang tersebar di seluruh Provinsi Lampung berjumlah 614 orang. Ini yang bisa kami catat, barangkali masih ada muallaf-muallaf lain yang belum tercatat oleh kami karena keterbatasan informasi,Kata Djafar Siddiq. (Alif)

Berita Lainnya
Senin, 17 Desember 2018, 10:43

600 peserta rebutkan 304 Forsi CPNS Kemenag Lampung

Senin, 17 Desember 2018, 07:53

Seraden Lantik Kepala KUA Kecamatan Teluk Betung Barat

Kamis, 13 Desember 2018, 13:52

Seraden; Kepala RA/MI Harus Memilki Ilmu Pedagogik.

Kamis, 13 Desember 2018, 12:12

Kementerian Agama Kota Bandar Lampung Ikuti Lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Propinsi Lampung

Kamis, 13 Desember 2018, 08:50

Rapat Persiapan Lomba Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI)