Senin, 5 Februari 2018, 08:43

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus Adakan Pendampingan Bagi Proktor UNBK Madrasah

Tanggamus (Inmas) -- Dalam rangka persiapan penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2018, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus menyelenggarakan kegiatan Pendampingan Proktor Madrasah Pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus Tahun 2018. Kegiatan ini berlangsung 1 hari, yaitu pada Jumat, tanggal 2 Februari 2018 bertempat di MTs Mathlaul Anwar, Pekon Landsbaw, Kecamatan Gisting.

Kegiatan pendampingan ini dibuka secara resmi oleh Kasi Pendidikan Madrasah, Muhamad Hasan Basri, S.Ag., M.Pd. yang mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus yang berhalangan hadir karena sedang melaksanakan tugas di tempat lain. Dalam sambutannya Hasan Basri menyampaikan bahwa tugas proktor adalah sangat penting bagi suksesnya pelaksanaan UNBK karena proktor akan bertanggung jawab untuk mengendalikan server di madrasah.

Seorang proktor harus mampu mengunduh dan melakukan sinkronisasi semua data dari pusat dan kemudian dimasukkan ke dalam server madrasah. Ia juga berwenang meminta token dari pihak pusat supaya dapat membuka semua soal yang terdapat di setiap madrasah. Proktor berkewajiban menjaga server dan client tetap terkoneksi dengan baik serta memperbaiki berbagai persoalan teknis jaringan. Terakhir proktor harus dapat mengunggah jawaban peserta didik ke server pusat.


Adapun tujuan kegiatan pendampingan ini, sebagaimana dijelaskan Hasan Basri adalah agar para proktor madrasah dapat mengetahui dan memahami tugas dan wewenangnya dengan baik serta memiliki kemampuan untuk memperbaiki berbagai persoalan teknis jaringan yang bisa saja dihadapi dalam pelaksanaan UNBK. Misalnya saja tidak bisa login ke sistem, soal yang tidak tampil dan berbagai masalah teknis lainnya.

Hasan Basri lebih lanjut menjelaskan, bahwa UNBK atau Ujian Nasional yang menggunakan Tes Terkomputerisasi (Computer Based Test) merupakan tes yang penyajian dan pemilihan soalnya dilakukan secara terkomputerisasi, dimana setiap peserta tes mendapatkan paket soal yang berbeda-beda tetapi dengan tingkat kesukaran yang relatif sama. UNBK Tahun 2018 di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus dikuti oleh 43 Madrasah, 20 Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan 23 Madrasah Aliyah (MA). Untuk MA, keseluruhan MA di Kabupaten Tanggamus akan melaksanakan UNBK, tanpa terkecuali.

Sesuai dengan tujuan kegaiatan pendampingan proktor, Hasan Basri berharap agar para peserta yang berjumlah 43 orang dapat benar-benar memperhatikan apa yang disampaikan Narasumber dan menanyakan berbagai persoalan terkait server dan client yang mungkin akan dihadapi selama pelaksanaan UNBK. Sehingga nantinya pelaksanaan UNBK pada Madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus dapat berjalan lancar serta mendapatkan hasil tes yang baik dan valid, serta dapat dipertanggungjawabkan. (Kontributor: Erna/ Ijal)

Berita Lainnya
Jumat, 23 Februari 2018, 09:53

Kemenag Tulang Bawang Barat Ikuti Sosialisasi percepatan kepemilikan Akta kelahiran

Jumat, 23 Februari 2018, 09:19

KREAKTIFITAS SISWA MI MUHAMMADIYAH TRIMULYO SEKAMPUNG

Kamis, 22 Februari 2018, 23:39

Pengurus Daerah IGRA Lampung Timur Gelar Rakerda

Kamis, 22 Februari 2018, 15:57

Kepala Kemenag Kota Bandar Lampung Pimpin Rapat Persiapan Penyelenggara Ibadah Haji Tahun 2018 M/1439 H

Kamis, 22 Februari 2018, 15:46

LPTQ KAB. TUBA BARAT LAKSANAKAN RAKERDA