Selasa, 6 Maret 2018, 11:11

"Buka Rakerwil Kemenag Lampung Tahun 2018, Ini Kata Sekjen"

Lampung, Inmas, Diiringi dengan sholawat Tolaal Badru yang dikumandangkan oleh Grup marawis kedatangan Sekertaris Jenderal Kementerian Agama RI Prof. Dr. Hi. Nursyam, M.Si yang di dampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung di sambut suka cita hadirin yang memenuhi Ballroom Emersia Hotel Bandar Lampung. (5/3)

Kedatangan orang nomor dua di Kementerian Agama RI kali ini adalah untuk membuka dan memberikan materi pada Rapat kerja Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Tahun 2018. Dalam sambutannya Nur Syam mengatakan saat ini kita hidup di era ekonomi inklusif, yang diantaranya tanda era ini adalah pembayaran non tunai. Sebagai bagian dari birokrasi pemerintah, maka Kemenag harus menjadi leading sector di dalam membangun system pembayaran Non Tunai sebagai kewajiban birokratis yang harus dilakukan.

Di Sekretariat Jendral sendiri pembayaran non tunai ini sudah setahun yang lalu di lakukan. Mulai 1 Januari 2018, transaksi pembayaran di seluruh satuan kerja di lingkungan Kementerian Agama dilakukan secara non tunai, baik itu Kantor Wilayah maupun Perguruan Tinggi Agama Islam, Terang Nur Syam. Lounching Pembayaran non tunai ini telah dilakukan oleh Menteri Agama pada bulan Novermber 2017 yang dihadiri oleh Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Anggota BPK dan pejabat terkait lainnya, Tambahnya.

Lebih lanjut Nur Syam mengatakan bahwa transaksi non tunai i itu manfaatnya sangatlah besar, tidak hanya sebagai efisiensi, mempercepat dan mempermudah, tapi yang tidak kalah pentingnya adalah dapat membentengi kita untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dan tidak semestinya dengan cara sistematis dan akuntabel, ujarnya. Pembayaran Non Tunai adalah program pemerintah untuk menggerakkan pola keuangan inklusif. Di antara yang menjadi program system keuangan inklusif ialah pembayaran Non Tunai. Sebagai bagian dari birokrasi pemerintah, maka Kemenag harus menjadi leading sector di dalam membangun system pembayaran Non Tunai sebagai kewajiban birokratis yang harus dilakukan.

Dikatakan Nur Syam saat ini kita hidup di era transparan, dimana semuanya terbuka. Seperti contohnya kita melaksanakan kegiatan ini, semua bisa mengawasi pelaksanaannya. Pengawasan internal adalah tugas Inspektorat Jendral, sedangkan pengawasan eksternal ada BPK, BPKP, LSM dan masyarakat. Jangan pernah merekayasa kegiatan. Perilaku tidak terpuji di masa lalu, jangan sampai terulang kembali, Tegas Orang nomor dua di Kementerian Agama RI. Itu jaman old, Katanya. Pada Zaman now pengawasan bukan hanya administratif, tapi juga pengawasan on the spot. Era kepatuhan pada regulasi yang disebut complience. Kita seperti hidup di tengah kaca yang tembus pandang dimana semua orang bisa melihat aktivitas kita. Sehingga kita semua harus hati-hati dalam pelaksanaan tugas. Jangan melakukan sesuatu yang melanggar regulasi,terangnya.

Sementara itu Kepala Bagian tata Usaha Kanwil kementerian Agama Provinsi Lampung M. Aris Rayusman selaku ketua panitia penyelenggara dalam laporannya mengatakan bahwa rapat kerja wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Tahun 2018 dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 5 s.d 7 Maret 2018, dengan pesert berjumlah 150 orang terdiri Kepala Bidang, Pembimas, Kasubbag dan Perencana pada Kanwil, Kepala Kantor Kementerian Agama , Kasubbag TU dan Perencana Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung serta perwakilan Penyuluh, Penghulu dan pengawas. Sedangkan pemateri: Sekretaris Jenderal Kemenag RI, Irsnpektorat Jendral Kemenag RI, Anggota Komisi 8 DPR RI, kepala Kanwil Kemenag Prov. Lampung dan Kepala Ombudsman Perwakilan Lampung. (Alifah)

Berita Lainnya
Jumat, 7 September 2018, 14:40

KETUA POKJAWAS KOTA BALAM SERAH KAN DAGING KURBAN SECARA SIMBOLIS

Kamis, 6 September 2018, 16:28

ROMBONGAN JAMA’AH HAJI KLOTER 14 TIBA DI BANDAR LAMPUNG

Kamis, 6 September 2018, 12:00

Kankemenag Kabupaten Lampung Utara Gelar Rapat Koordinasi Pemulangan Jamaah Haji Tahun 2018

Kamis, 6 September 2018, 11:53

Cari Guru dan Tenaga Kependidikan Terbaik, Kanwil Kemenag Lampung Gelar Lomba

Jumat, 31 Agustus 2018, 10:28

SERADEN; JAGA KEBERSAMAAN DAN TINGKATKAN DISIPLIN KERJA DALAM MELAYANI MASYARAKAT