Selasa, 13 Maret 2018, 10:17

Deklarasi Anti Hoax Dan Anti ujaran kebencian bersama FKUB dan Polres Lampung Barat

Lampung Barat (Inmas) -- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lampung Barat mengdakan deklarasi bersama Polres Lampung Barat sebagai tindak lanjut dalam menjaga kerukunan umat guna mencegah terjadinya kesalahpahaman dan saling menghargai satu sama lainnya. Acara deklarasi anti hoax dan anti ujaran kebencian dilaksanakan di ruang sekretariat MUI Lampung Barat pada 12 Maret 2018.

Acara tersebut dihadiri Ketua FKUB Lampung Barat Abdul Rosyid, Kapolres Lampung Barat AKBP Tri Suhartanto, Ketua MUI Lampung Barat Jafar Shodiq, Ketua Majlis Kristen Pendeta Simanjuntak, Ketua Majlis Katolik RM. Bovan, Ketua Majlis Budha Hendri Purna, Ketua Majlis Hindu I Wayan Mahardika. Dalam pertemuan tersebut mengajak seluruh umat beragama untuk tidak menyebarkan hoax dan tidak melakukan ujaran kebencian mengingat Lampung Barat selama ini hidup rukun dan damai, jangan sampai termakan oleh isu-isu yang bisa memecah persatuan dan kerukunan umat beragama yang sudah berjalan baik.

Sekretaris FKUB Lampung Barat Eko Sudono, S.Ag mengatakan deklarasi yang dilakukan bersama FKUB guna meningkatkan hubungan baik antar umat beragama, bersama-sama mencegah berita yang tidak benar (hoax) dan tidak melakukan ujaran kebencian yang bisa menimbulkan keresahan masyarakat. Deklarasi itu setidaknya akan menjadi upaya menjaga persatuan dan kesatuan di Lampung Barat khususnya dan di Provinsi Lampung pada umumnya.

Ada beberapa hal positif yang bisa diambil dari deklarasi tersebut yakni sepakat menjaga persatuan dan kesatuan serta mendeklarasikan anti-hoax dan anti-hate speech atau ujaran kebencian. Dengan inisiasi dikumandangkannya deklarasi itu, Ketua FKUB dan seluruh Majlis Agama bersama Polres Lampung Barat menaruh harapan besar terjalinnya persatuan dan kesatuan di wilayah Lampung Barat bisa berjalan aman, lancar, tertib, dan kondusif. Imbuhnya

Tak bisa kita pungkiri, perkembangan teknologi sekarang membuka ruang bagi masyarakat yang terkadang nyeleneh menggunakan media sosial hingga pada akhirnya melanggar aturan. Untuk itu, FKUB Lampung Barat bersama jajaran Pemerintah Daerah bersama-sama menjaga kerukanan, persatuan dan kesatuan demi terciptanya Lampung Barat hebat, tertib, damai dan kondusif. (Naveri/sry)

Berita Lainnya
Senin, 15 Oktober 2018, 00:26

Farid Apresiasi Kreasi Siswa Pramuka YPPMA

Senin, 15 Oktober 2018, 00:20

Siswa YPPMA Sambut Kedatangan KaKemenag Pesawaran

Senin, 15 Oktober 2018, 00:18

Farid Buka Resmi Gemma YPPMA

Senin, 15 Oktober 2018, 00:16

Ust. IL dan AL Isi Ceramah Peringatan Tahun Baru Islam di Pesawaran

Senin, 15 Oktober 2018, 00:14

Kemenag Pesawaran Salurkan Donasi Gempa Bumi dan Tsunami Palu, Sigi dan Donggala