Senin, 16 April 2018, 10:46

Kegiatan Supervisi NR Kemenag Balam di KUA Kec. Kemiling Berjalan Lancar

Balam (Inmas) -- Pada hari Senin, tanggal 16 April 2018 pukul 09.00 Wib. Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung mengadakan kegiatan Supervisi di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kemiling. Tim Supervisi ini dipimpin oleh Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Kota Bandar Lampung dan beberapa staf Bimas Islam.
Menurut Kasi Bimas Islam, Drs. H. Lemra Horizon, M.Pd.I, mengungkapkan alasan pentingnya kegiatan supervisi. Menurutnya kegiatan Supervisi merupakan agenda rutin Seksi Bimas Islam yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali. Selanjutnya Tim Supervisi ini bertugas memeriksa semua bentuk pengadministrasian yang dibuat oleh KUA, khususnya administrasi NR.
Adapun Supervisi juga merupakan kegiatan pengawasan tetapi sifatnya lebih human, manusiawi. Kegiatan supervisi bukan mencari-cari kesalahan tetapi lebih banyak mengandung unsur pembinaan, agar kondisi pekerjaan yang sedang disupervisi dapat diketahui kekurangannya (bukan semata-mata kesalahannya) untuk dapat diberitahu bagian yang perlu diperbaiki.
Supervisi dilakukan untuk melihat bagian mana dari kegiatan KUA yang masih negatif untuk diupayakan menjadi positif, dan melihat mana yang sudah positif untuk ditingkatkan menjadi lebih positif lagi dan yang terpenting adalah pembinaannya. Oleh karena itu didalam menjalankan tugas pelayanan NR terutama dalam pencatatan pernikahan harus sesuai dengan aturan-aturan yang sudah diberlakukan yakni dalam PP 48 tahun 2014 tentang biaya pencatatan nikah.
Sebagaimana kita ketahui bahwa biaya pencatatan nikah jika dilaksanakan di KUA pada jam kerja maka biayanya Rp. 0,00, / Gratis sedangkan jika pencatatan nikah diluar KUA maka biayanya Rp. 600.000,- Peraturan ini wajib hukumnya untuk dilaksanakan bagi semua pegawai di KUA dalam melayani masyarakat akan biaya pencatatan nikah, barang siapa yang melanggarnya maka akan dikenakan sangsi berat. Disamping biaya pencatatan yang perlu diperhatikan adalah persyaratan setiap CATIN yang akan mendaftarkan diri untuk melaksanakan pernikahan, antara lain foto copy KK, KTP, Ijazah, Akta Kelahiran, Pas Foto dan N1-N7 yang dibubuhi tanda tangan Lurah dan stempel basah.
"Alhamdulillah pelaksanaan Supervisi Nikah dan Rujuk (NR) dapat berjalan dengan lancar dan khidmat serta tidak ada hambatan apapun dan saya minta dan mengajak kepada seluruh keluarga besar KUA Kecamatan Kemiling untuk terus memberikan pelayanan prima kepada masyaraakt", pesan Lemra saat mengakhiri supervisi NR.(gie/sry)
Berita Lainnya
Kamis, 13 Desember 2018, 17:04

Pengelolaan PNBP NR Harus Sesuai Aturan

Kamis, 13 Desember 2018, 15:14

Peringati HAB, Pesawaran Gelar Donor Darah

Kamis, 13 Desember 2018, 14:28

Kakan Kemenag bersama Pengurus AGPAII Tubaba lakukan Exsen di Era Milinea

Kamis, 13 Desember 2018, 12:38

Muslimin, S. Ag Nikahkan Pasangan Catin Dian dan Klara

Kamis, 13 Desember 2018, 11:40

Ka KUA Gunung Terang Pimpin Pelaksanaan ijab Qobul di Tiyuh Setia Bumi