Rabu, 16 Mei 2018, 13:37

Tingkatkan Mutu Madrasah, Seksi Penmad Gelar KSM Tahun 2018 Tk. Kota Bandar Lampung

Balam (Inmas) -- Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung mengadakan Pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (Kemenag) Tahun 2018 Tingkat Kota Bandar Lampung, kemarin (12/05) di Halaman Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Bandar Lampung.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung didampingi oleh Kepala Seksi (Kasi) Penmad, seluruh Kepala Madrasah TingkatMI, Mts, dan MA Negeri dan Swasta Se-Kota Bandar Lampung beserta panitia penyelenggara, guru pendamping, dan ratusan peserta KSM.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana, Nurhadi, S.Ag, memaparkan bahwa KSM merupakan suatu kompetisi yang di adakan oleh Kementerian Agama yang melibatkan para siswa yang menempuh pendidikan di Madrasah. Dan KSM ini merupakan agenda rutin bagi Kementerian Agama Kota Bandar Lampung terhadap para peserta didik yang mengemban pendidikan di Madrasah baik MI, Mts, MA, Negeri maupun Swasta.

Secara umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2018 bertujuan untuk peningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains. Tambahnya, tujuan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan pendidikan yang seimbang di Lingkungan madrasah serta peningkatan prestasi siswa madrasah di bidang sains.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan bahwa kegiatan akan berlangsung selama hari dengan pelaksanaan Pukul 08.00 WIB s.d selesai. Kegiatan ini diikuti peserta sebanyak 262 orang yang terdiri dari 122 orang siswa MI, sebanyak 76 orang siswa MTs, dan sebanyak 64 siswa MA. Kegiatan ini bersumber dari DIPA Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung Tahun 2018.

Mata pelajaran yang akan diujikan untuk MI antara lain Matematika dan IPA, sedangkan MTs meliputi Matematika, IPA, dan IPS, dan untuk jenjang MA meliputi Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi, paparnya.

Dijelaskannya juga bahwa siswa yang berhasil meraih juara pertama, kedua, dan ketiga akan diikutsertakan pada KSM Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018 pada tanggal 25 Juli mendatang. Dan jika berhasil di Tingkat Provinsi Lampung makan akan ikut serta dalam Tingkat Nasional di Provinsi Bengkulu pada Bulan September 2018.

Usai mengikuti Pembukaan tersebut, Kepala Kemenag Kota Bandar Lampung, Drs. H. Seraden, M.H, mengucapkan Selamat Berjuang kepada para peserta didik dan berpesan agar mereka menjunjung tinggi nila-nilai sportivitas dalam kompetisi.(gie/Sry)

Berita Lainnya
Minggu, 20 Januari 2019, 22:13

Inilah Sosok Saksi Nikah bagi Catin Rajabasa Balam

Minggu, 20 Januari 2019, 21:18

Lantik FKTM, Ini pesan Kepala Kemenag Kota Bandar Lampung

Minggu, 20 Januari 2019, 20:09

MIN 6 Bandar Lampung Lepas Satu Orang Tenaga Pendidik

Minggu, 20 Januari 2019, 19:50

Kepala KUA Kec. Enggal Hadiri FKTM Tk. Balam Tahun 2019

Minggu, 20 Januari 2019, 19:33

Kecamatan Enggal Siap Jadi Tuan Rumah MTQ ke-50 Tahun 2019 Tk. Kota Balam