Rabu, 4 Juli 2018, 10:39

Perkuat Tusinya, Pengawas Madrasah Kemenag Balam Ikuti Rapat Persiapan PKKB Se-Provinsi Lampung

Balam (Inmas) -- Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru sehingga akan berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dan kualitas kompetensi lulusan peserta didik. Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung melalui Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Provinsi Lampung mengadakan Rapat Persiapan Sosialisasi Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKKB) bagi guru se provinsi lampung, kemarin (03/07) di Ruang Pokjawas Provinsi Lampung.

Rapat ini dipimpin oleh Ketua Pokjawas Provinsi Lampung didampingi Kepala Seksi (Kasi) PTK dan Kasi Sarana dan Prasarana Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Bandar Lampung dan diikuti oleh Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung, Perwakilan Kepala MAN, MTsN, dan MIN Se-Provinsi Lampung.

Usai mengikuti Rapat Persiapan PKKB tersebut, Masniati, M.Pd.I selaku Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung kepada Humas, Anggithya, menyampaikan bahwa Rapat tersebut dimulai pukul 09.00 sampai dengan selesai. Pelaksanaan tersebut berjalan lancar dan sukses sesuai dengan yang dijadwalkan.

Rapat tersebut membahas mengenai Persiapan PKKB. PKB adalah bentuk pembelajaran berkelanjutan bagi guru yang merupakan kendaraan utama dalam upaya membawa perubahan yang diinginkan berkaitan dengan keberhasilan siswa. Dengan demikian semua siswa diharapkan dapat mempunyai pengetahuan lebih, mempunyai keterampilan lebih baik, dan menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang materi ajar serta mampu memperlihatkan apa yang mereka ketahui dan mampu melakukannya.

PKB mencakup berbagai cara dan/atau pendekatan dimana guru secara berkesinambungan belajar setelah memperoleh pendidikan dan/atau pelatihan awal sebagai guru. PKB mendorong guru untuk memelihara dan meningkatkan standar mereka secara keseluruhan mencakup bidang-bidang berkaitan dengan pekerjaannya sebagai profesi. Dengan demikian, guru dapat memelihara, meningkatkan dan memperluas pengetahuan dan keterampilannya serta membangun kualitas pribadi yang dibutuhkan di dalam kehidupan profesionalnya.

Tujuan dari PKB itu sendiri untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah/madrasah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, memutakhirkan kompetensi guru untuk memenuhi kebutuhan guru dalam perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk memfasilitasi proses pembelajaran peserta didik, meningkatkan citra, harkat, dan martabat profesi guru di masyarakat, dan pengetahuan, keterampilan, materi yang dibutuhkan berdasarkan Laporan Evaluasi Diri Sekolah dan/atau Rencana Tahunan Pengembangan Sekolah.

Lebih lanjut Masniati, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa PKKB ini akan dilaksanakan di semua Kota/Kabupaten Se-Provinsi Lampung melalui Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) masing-masing Kota/Kabupaten Se-Provinsi Lampung. Pelaksanaan PKB ini pada awal semester Tahun Ajaran Baru yakni Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Setiap pertemuannya akan berlangsung selama 8 jam. Dan menindaklanjuti hasil KKG dan MGMP tersebut akan dilaksanakan selama 3 atau 4 bulan dengan dilakukan pendampingan. Pendampingan ini nantinya akan melibatkan Pengawas yang ada di Kota/Kabupaten masing-masing dengan tujuan untuk mengetahui indikator capaian melalui model Kirk Patrick dan narasumber yang terlibat dalam kegiatan tersebut berasal dari Pejabat Sutruktural dari Bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kemenag Provinsi Lampung dan Pengawas yang telah mengikuti training TOT tentang PKKB tersebut.

Terkait dengan keikutsertaan dirinya dalam rapat tersebut sebagai dasar informasi yang akan saya koordinasikan kepada teman-teman Pokjawas yang ada di Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung dan akan saya laporkan kepada Ketua Pokjawas Kemenag Bandar Lampung untuk segera ditindaklanjuti dan dapat segera berkoordinasi dengan Seksi Penmad Kemenag Bandar Lampung sehingga pelaksanaan nantinya di Kota Bandar Lampung dapat berjalan dengan lancar dan sukses, ujar Masniati kepada Humas saat mengakhiri perbincangannya.(gie/ijal)

Berita Lainnya
Selasa, 18 September 2018, 15:38

Seksi Bimas Islam Kemenag Kota Bandar Lampung Adakan Binwin Tahun 2018

Selasa, 18 September 2018, 14:07

Kasi Bimas Islam Gelar Rakor Bersama Penyuluh PAI

Selasa, 18 September 2018, 14:00

Kemenag Kota Metro Suport Program Kerja Polri

Selasa, 18 September 2018, 13:25

60 Catin Ikuti Binwin Kecamatan Kedaton Tahun 2018

Selasa, 18 September 2018, 13:05

Antusiasme Calon Pengantin Ikuti Bimbingan Perwakinan Kemenag Kota Bandar Lampung