Selasa, 18 September 2018, 15:38

Seksi Bimas Islam Kemenag Kota Bandar Lampung Adakan Binwin Tahun 2018

Balam (Inmas) -- Dalam rangka mengoptimalkan peran dan tugasnya di bidang keluarga sakinah, Kantor Kementerian Agama (KanKemenag) Kota Bandar Lampung Melalui Seksi Bimas Islam adakan Kegiatan Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin (Catin) Tahun 2018 di Aula Kantor setempat.

Kegiatan BinWin (Bimbingan Perkawinan) ini dibuka langsung secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung, Drs. H. Seraden, M.H, didampingi Plt. Kasi Bimas Islam, Imam Mahali, S.Ag., M.Kom.I, dan Panitia penyelanggara Kegiatan Binwin yang merupakan Staff di Bimas Islam KanKemenag Bandar Lampung.

Menurut laporan panitia, Dra. Nurul Lydia, bahwa Pelaksanaan kegiatan Bimbingan Perkawinan ini berdasarkan Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung Nomor 85 Tahun 2018 Tanggal 26 Juli 2018. Adapun tujuan pelaksanaan ini untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, khususnya Kota Bandar Lampung, dengan membangun keluarga yang kokoh yang dimulai dari mempersiapkan pasangan calon pengantin dan remaja usia nikah measuki mahligai rumah tangga. Manfaat dari binwin ini juga dalam rangka terwujudnya keluarga yang bahagia, keluarga sehat, dan berkualitas.

Lebih lanjut Ia mengemukakan bahwa kegiatan bimbingan perkawinan pranikah atau binwin ini bagi calon pengantin dilaksanakan dari angkatan 1 sampai dengan XV yang dimulai tanggal hari Senin, 03 September sampai dengan 18 Oktober 2018. Kegiatan ini akan ada tiga pelaksanaannya yaitu Aula Kemenag Kota Bandar Lampung, Aula KUA Kecamatan Kedaton, dan Aula KUA Kecamatan Panjang. Peserta berjumlah 60 orang per angkatan yang terdiri dari pasangan calon pengantin Se-Kota Bandar Lampung dan panitia berjumlah 4 orang yang terdiri dari 4 orang yaitu staf Bimas Islam Kemenag Kota Bandar Lampung.

Narasumber yang akan memberikan materi ini terdiri dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung, Fasilitator yang telah mengikuti dan mendapatkan sertifikat Bimtek Binwin bagi calon pengantin, Kepala KUA Kecamatan Kedaton, Kepala KUA Kecamatan Panjang, dan dokter puskesmas Bandar Lampung. Materi yang akan disampaikan berupa perkenalan, pengutaran harapan, dan kontrak kerja; mempersiapkan perkawinan yang kokoh menuju keluarga sakinah; mengelola dinamika perkawinan dan keluarga; memenuhi kebutuhan keluarga; menjaga kesehatan reproduksi kaluraga; mempersiapkan henerasi berkualitas; mengelola konflik dan membangun ketahanan keluarga; dan refleksi, evaluasi, dan post test.

Pendanaan kegiatan ini dibebankan kepada DIPA Kantor Kementerian Agama Kota Bandar Lampung Tahun 2018 Nomor 025.03.2.418584/2017 Tanggal 05 Desember 2017.

Kami berharap agar Peserta Binwin Catin ini dapat mengikuti kegiatan ini sampai dengan selesainya acara, karena banyak ilmu yang akan disampaikan oleh beberapa narasumber nanti dalam menghadapi rumah tangga. Harap syukri.

Selain itu, Peserta wajib mengikuti Suscatin atau Binwin Catin ini agar kelak dapat memahami tugas, hak dan kewajiban sebagai seorang Suami dan juga istri agar dapat menjadi keluarga yang Sakinah, Mawaddah, Warrahmah (SAMAWA). Tutupnya (gie/ijal)

Berita Lainnya
Jumat, 14 Desember 2018, 09:21

Madrasah/ RA Se-Kabupaten Tanggamus Galang Solidaritas bagi MI Al-Makmur Yang Mengalami Musibah Kebakaran.

Jumat, 14 Desember 2018, 08:26

Maryan Hasan Pimpin Rapat Persiapan Wisuda Akbar Tahfidzul Quran Se-Kab. Lampung Barat

Kamis, 13 Desember 2018, 17:04

Pengelolaan PNBP NR Harus Sesuai Aturan

Kamis, 13 Desember 2018, 15:14

Peringati HAB, Pesawaran Gelar Donor Darah

Kamis, 13 Desember 2018, 14:28

Kakan Kemenag bersama Pengurus AGPAII Tubaba lakukan Exsen di Era Milinea