Minggu, 7 Oktober 2018, 22:05

Dekatkan Remaja dengan Wawasan Islam Melalui Musabaqah Fahmil Quran

Bandar Lampung (Inmas) -- Sabtu, 6 Oktober 2018. MAN 1 Bandar Lampung mengadakan perlombaan Competition Islamic Generation (COMIG) II pada hari ini (06/10) dalam rangka merayakan hari milad Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandar Lampung. Acara rutin dua tahunan yang telah dilaksanakan kedua kalinya oleh Kampus Ceria ini terdiri atas enam cabang lomba, salah satunya Musabaqah Fahmil Quran cabang SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. Musabaqah Fahmil Quran (MFQ) adalah bidang lomba yang menekankan pada pemahaman Al-Quran dalam bentuk cerdas cermat. Bidang lomba ini digelar di Gedung PSBB MAN 1 Bandar Lampung, baik tingkat SMA/MA maupun SMP/MTs.

Terdapat dua orang juri untuk lomba MFQ SMA/SMK/MA ini yaitu Ustadz Ahmad Saidi dan Imran Rosyadi. Lomba diawali dengan pengambilan nomor urut masing-masing regu. Sementara untuk sistem perlombaan dibagi menjadi sesi pertanyaan wajib dan pertanyaan rebutan. Untuk sesi pertanyaan wajib, jika peserta menjawab dengan benar diberi nilai 100, dan apabila salah skor tim tidak dikurangi melainkan dilempar ke tim lainnya. Jika tim lain berhasil menjawab soal yang dilempar dengan benar, maka diberi nilai 50 dan apabila salah dikurangi 25 poin. Sementara dalam sesi pertanyaan rebutan, tim akan diberi poin 100 apabila menjawab dengan tepat dan dikurangi 100 jika jawabannya salah. Pada bagian penyisihan, peserta dibagi menjadi enam babak yang terdiri atas tiga tim dan diambil dua besar dari setiap babak untuk maju ke semifinal. Di bagian semifinal yang terdiri dari empat babak, diambil satu tim yang mendapat skor tertinggi di tiap babak untuk maju ke bagian final.

Lomba Musabaqah Fahmil Quran tingkat SMA/SMK/MA ini diikuti oleh delapan belas tim yang terdiri atas tiga orang per tim. Sebenarnya, terdapat dua puluh tim yang mendaftar untuk bidang lomba ini, namun dua tim mengundurkan diri. Para peserta datang dari seluruh wilayah Provinsi Lampung. Salah satu peserta yang berasal dari SMA Al-Kautsar, Sultan Hafidz, mengaku gugup ketika mengikuti perlombaan ini karena Ia merasa kurang menyiapkan dirinya. Siswa berkacamata ini berharap agar timnya bisa menang di lomba ini, dan apabila tidak menang, Ia dan teman-temannya dapat mendapatkan pengalaman berharga.

Untuk MFQ SMP/MTs sendiri diikuti oleh lima puluh satu peserta yang terbagi dalam 17 regu. Perlombaan ini terdiri atas lima sesi dan enam grup terbaik akan kembali memperebutkan gelar juara di babak final. Juri untuk lomba ini terdiri dari dua orang yakni Restu Danang S. E. I dan Agung Yosi. Restu Danang berharap dengan diselenggarakannya lomba MFQ kedepannya siswa dan siswi bisa lebih giat meningkatkan pengetahuan tetang agama islam atau memperdalam ilmu agama.

Husnul Khaitami, selaku Waka Humas MAN 1 Bandar Lampung, mengatakan para pemuda sekarang merupakan generasi harapan bangsa yang akan melanjutkan perjuangan Islam di masa mendatang. Maka dari itu, dengan digelarnya perlombaan ini diharapkan siswa-siswi dapat mengenal lebih dekat dan familiar dengan wawasan-wawasan Islam.

(Kontributor: Annisa Q,Tasya)

Berita Lainnya
Senin, 15 Oktober 2018, 07:08

Tim Balai Monspekfrekrad Lampung kunjungi MAN 1 Metro

Minggu, 14 Oktober 2018, 17:32

KEPALA MAN 1 METRO BERI SOSIALISASI SISWA PENERIMA PIP

Minggu, 14 Oktober 2018, 16:57

KEPALA MAN 1 METRO TINJAU PEMBANGUNAN GEDUNG RAMANDA

Minggu, 14 Oktober 2018, 16:25

IKAM MAN 1 METRO PERINGATI HARI SANTRI NASIONAL

Minggu, 14 Oktober 2018, 08:37

MAN 1 METRO AKAN PRAKTEKKAN HASIL WORKSHOP GURU BAHASA INGGRIS DI KELAS