Minggu, 7 Oktober 2018, 22:27

Musabaqah Hifdzil Qur'an dalam COMIG II MAN 1 Bandar Lampung

Bandar Lampung (Inmas) -- Sabtu, 06 Oktober 2018. MAN 1 Bandar Lampung kembali mengadakan acara COMIG (Competition Of Islamic General) yang ke dua. Setiap 2 tahun sekali yang diikuti oleh pelajar se- Provinsi Lampung dengan jumlah kurang lebih 575 peserta. Acara ini terdiri dari 6 cabang perlombaan, salah satu cabang perlombaannya yaitu Musabaqah Hifdzil Qur'an (MHQ) ini adalah perlombaan menghafal Al Qur'an dengan tartil dan murottal. Perlombaan ini terdiri dari 49 peserta SMA/ MA dan 51 peserta SMP/MTS. Persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta dalam perlombaan ini adalah menyerahkan kartu pelajar dan surat rekomendasi dari sekolah. Tahapan yang dilakukan yaitu, pendaftaran, registrasi no urut, peserta mengambil amplop berisi pertanyaan dari panitia dan akan diserahkan kepada dewan juri penanya, peserta akan ditanya surat wajib, kedua sambung ayat dan terakhir menebak awal surat yang ada di juz 30.

Terdapat 6 juri dalam perlombaan ini, 3 juri tingkat SMP/MTS yaitu Romsi Gunawan, Muhammad Jundi dan Fadhilahturahmah, dan 3 juri tingkat SMA/MA yaitu Maskur, Muslim dan Inafi Lailatu Surur. Kriteria penilai dari juri adalah tahfidz/kelancaran, irama, suara, tajwid,makhroj, mad wal qashar dan fashohah / bagaimana berhenti dan memulai bacaan dan kefasihan bacaan. Sistem perlombaan tersebut adalah dimulai dengan lampu, diberikan bel 4 kali jika salah diberikan bel 2 kali saat ganti soal dan diberikan bel 3 kali ketika mengakhiri bacaan. Waktu yang diberikan kepada peserta yaitu 6-7 menit.

Penampilan yang paling baik menurut juri adalah tampil dengan tenang, tidak grogi, bacaannya lancar dan ketepatan tajwid. Arimbi mengatakan untuk terus meningkatkan, bukan hanya sekedar ikut lomba, dan kepada yang sudah menjadi juara jangan berhenti menghafal Al Qur'an. Justru perlombaan ini adalah sebagai ajak untuk meningkatkan motivasi menghafal Al Qur'an.

Kontributor : (Lathifah/ijal)

Berita Lainnya
Senin, 23 September 2019, 12:21

Kunjungi MAN 1 Pringsewu, Kepolisian: Katakan Tidak Pada Narkoba

Senin, 23 September 2019, 10:33

Nauval Lantik Pengurus OSIS MAN 1 Tanggamus Masa Bakti 2019/2020

Sabtu, 21 September 2019, 23:20

Orasi untuk Mengenal Lebih Baik Calon Pemimpin yang Berikutnya

Jumat, 20 September 2019, 11:06

Tiga orang siswa MAN Insan Cendekia Lampung Timur menjadi finalis OSAMAKOM

Jumat, 20 September 2019, 10:50

OUT DOOR STUDY BAHASA INGGRIS