Rabu, 31 Oktober 2018, 09:51

Siswa MAN 1 Tanggamus Ikut Andil di Festival Keraton Nusantara 2018

Kirab Budaya Festival Keraton Nusantara di Sumenep Madura Tahun 2018

Tanggamus, MAN 1 (Inmas) -- Gelaran Festival Keraton Nusantara Tahun 2018 atau Festival Keraton dan Masyarakat Adat (FKMA) ASEAN Ke V, yang merupakan ajang tahunan berlangsung di Sumenep, Madura 28 s.d 30 Oktober 2018. Setidaknya sekitar 50 istana dari berbagai Kesultanan dan Kerajaan di seluruh Nusantara ikut andil memeriahkan acara tersebut. Pada kesempatan tersebut, para raja se-Nusantara bakal berkumpul dengan membawa pasukan, benda suci, maupun kesenian khas dari daerah masing-masing.

Pada ajang FKN tahun ini, MAN 1 Tanggamus turut andil dengan mengirimkan siswanya mengikuti kegiatan tersebut sebagai bagian dari Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong dibawah pimpinan SPDB Pangeran Edward Syah Pernong (Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke-23) yakni Reyhan Fikri Novriandi (Siswa Kelas XII MIA), selain itu terdapat juga 2 orang Alumni MAN 1 Tanggamus : Rizki Putra Aulia(Alumni 2018) dan Wahyu Azi Enandar (Alumni 2017).

Dalam kegiatan tersebut, Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong menerjunkan pasukan sebanyak 300 punggawa dan 27 pusaka kerajaan yang dibawa oleh bangsawan tinggi, panglima dan wakil panglima, hulubalang serta abdi dalem kerajaan. Tidak hanya itu saja terdapat barisan peserta muli mekhanai dengan pakaian adat lengkap dan mahkota ciri khas Lampung yang membuat meriah kegiatan tersebut.

FKN 2018 ini berisikan pagelaran seni dan budaya bernuansa keraton, seperti Kirab Agung Prajurit Keraton, Pagelaran Seni Keraton, Pagelaran Upacara Adat Keraton, Pagelaran Busana Keraton, Pameran Benda-Benda Pusaka, Pertemuan Raja atau Sultan Nusantara. gelaran FKN ini sendiri telah masuk dalam 100 Wonderful Event Kementerian Pariwisata. Pada kesempatan tersebut dibuka secara resmi oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo bersama beberapa pejabat negara lainnya.

Kegiatan ini tentu saja sebagai salah satu bentuk pelestarian budaya, pengenalan adat tradisi dan budaya keraton, serta melestarikan benda-benda peninggalan sejarah dan purbakala. Tidak kalah pentingnya menjalin tali silaturrahmi antar keraton serta meningkatkan peran warisan budaya bangsa. Reyhan, Rizki dan Wahyu sangat bersyukur dapat mengikuti kegiatan untuk ke dua kalinya dimana pada tahun 2017 lalu FKN berlangsung di Cirebon. (Awan/ijal)

Berita Lainnya
Kamis, 15 November 2018, 13:41

Begini Cara Satgas Anti Narkoba MAN 1 Pringsewu Perkuat Organisasi

Kamis, 15 November 2018, 13:29

Mulailah Menjadi Pahlawan Bagi Diri Kalian Sendiri

Rabu, 14 November 2018, 16:14

Aplikasi Rapor Digital (ARD) Untuk Madrasah Hebat Bermartabat

Selasa, 13 November 2018, 14:38

MAN 1 Tanggamus Bangun Sinergitas dengan Komite Madrasah

Selasa, 13 November 2018, 12:35

Maknai Patriotisme Hari Pahlawan, Pramuka MAN 1 Tanggamus Ikut Upacara