Kamis, 1 November 2018, 08:20

Kemenag Lampung Utara dan PT. Airlangga Adakan Workshop Penilaian Otentik K13 Jenjang MI

Lampung Utara (Inmas) -- Selasa, 30 Oktober 2018. Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah dan peserta didik dilingkungan Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara, Selasa, 30 Oktober 2018, Pukul : 09.00 Wib, bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Lampung Utara. Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara bekerjasama dengan PT. Airlangga Indonesia Cabang Lampung Utara mengadakan Workshop Penilaian Otentik Kurikulum 2013 Jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI). Selasa, 30 Oktober 2018.

Dalam laporannya Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara (Drs. H. Totong Sunardi, MM) menyampaikan tujuan kegiatan ini ialah dalam rangka memahami kebijakan dan dinamika perkembangan kurikulum nasional, merancang instrumen dan melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar peserta didik, serta mengolah dan melaporkannya. Totong Sunardi menambahkan, kegiatan Workshop Penilaian Otentik Kurikulum 2013 ini berlangsung selama 1 (satu) hari. Kegiatan workshop ini secara garis besar mencakup tiga tahapan kegiatan yaitu, Pertama : Persiapan, yang terdiri dari perancangan desain san struktur program kegiatan, pemanggilan peserta, persiapan teknis lainnya, Kedua : Pelaksanaan Workshop, nara sumber pada kegiatan ini ialah Dr. Hidayat dari Bandung yang meliputi Penyampaikan materi, informasi dan penjelasan konsep-konsep teoritis yang disampaikan melalui diskusi kelompok, presentasi, dan tanya jawab, dan Ketiga : Evaluasi dan Tindak Lanjut, yang meliputi kegiatan pre test, penilaian proses, post test, dan ditutup dengan penyusunan rencana tindak lanjut hasil diklat atau action plan. Kegiatan Workshop ini secara keseluruhan diikuti 120 orang peserta Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri/Swasta, dan kegiatan ini bisa terselenggara atas kerjasama dari PT. Airlangga Cabang Lampung Utara.

Selanjutnya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara (Drs. H. Qomaru Zaman, MA), saat membuka Workshop Penilaian Otentik Kurikulum 2013 Jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) menyampaikan, mengucapkan terima kasih kepada Pihak PT. Airlangga Indonesia Cabang Lampung Utara, yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Qomaru Zaman mengatakan, Workshop ini sangatlah penting bagi para peserta didik dan Kepala Madrasah, Penilaian Otentik merupakan penilaian yang mendetail mengenai proses belajar mengajar, mulai dari perangkat pembelajaran, kurikulum, sampai dengan sarana dan prasarana pembelajaran sangatlah dinilai dengan detail. Maka, Kepala Kankemenag Lampung Utara (Drs. H. Qomaru Zaman, MA) menyampaikan kepada para peserta untuk benar-benar serius dalam mengikuti workshop ini, dan diharapkan nanti setelah mengikuti workshop ini dapat diimplementasikan di madrasah masing-masing. (Rd/ijal).

Berita Lainnya
Jumat, 16 November 2018, 09:28

ASN Kemenag Metro Terapkan Jum'at Sehat

Kamis, 15 November 2018, 09:12

Banyak Negara Lain Contoh Penyelenggara Haji Indonesia

Rabu, 14 November 2018, 14:46

Ka.Kan.Kemenag Metro : MTQ Sebagai Pencetak Generasi Islami

Rabu, 14 November 2018, 09:14

MI Mathlaul Anwar Landbaw Kabupaten Tanggamus Raih Peringkat Umum Ke-2 Pada Kegiatan Temu Galang XI Se-Provinsi Lampun

Selasa, 13 November 2018, 14:56

Lamsel Sosialisasi ARD Go Nasional