Rabu, 7 November 2018, 16:08

MGMP BK DILAKSANAKAN DI SMPN 2 TALANG PADANG

Tanggamus (Inmas) Bimbingan merupakan memberi bantuan (process of helping) kepada seseorang (indivual) dengan tujuan supaya dapat paham menerima keadaan lingkungan, menyesuaikan diri tentunya secara positif, sikap konstruktif juga diperlukan dalam hal ini sesuai norma-norma agama dan sosial. Sedangkan Bimbingan dan konseling merupakan upaya dalam memberikan pelayanan bantuan kepada anak agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal. Tujuan bimbingan dan konseling agar anak dapat memilih, mempersiapkan diri, memegang tanggung jawab dan mendapatkan hal yang berharga dari keputusan yang diambilnya.

MTsN 1 mengirimkan dua orang guru Bimbingan Konseling yaitu Dhianingsih Palupi, S.Pd.I dan Firliansyah, S.Pd.I untuk mengikuti musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) BK. Firliansyah menyatakan bahwa kegiatan MGMP BK ini sangat penting manfaatnya karena dari sinilah dapat bersilaturahmi sesama guru BK dan salingsharepengetahuan dan pengalaman, sehingga kendala yang dihadapi di madrasah saat berjumpa dengan siswa dapat diminimalisir oleh guru ungkapnya. Acara ini diikuti sebanyak 37 guru BK se-Tanggamus.

Kegiatan yang dilaksanakan setiap bulan ini bertempat di SMPN 2 Talang Padang. Pada pertemuan hari ini Rabu (7/11) membahas beberapa Aplikasi untuk penyusunan Program Bimbingan Konseling. Guru BP itu mengaku bahwa salah AplikasiSosiometri sangat penting yang berfungsi memudahkan dalam penentuan kelompok belajar tertentu (di kelas). Komponen Sosiometri meliputi 3 komponen yakni pemilihan teman (Positif), Penolakan teman, (Negatif), Dua Sosiometri Penolakan sertaPemilihanteman (Both).

Ia menambahkan dari Data hasil analisis sosiometri dapat digunakan oleh konselor/guru BK dalam menganalisa perkembangan siswa. Aplikasi yang dikembangkan secara khusus untuk membantu konselor/guru BK. Instrumen sosiometri dibuat untuk tingkat perkembangan siswa tingkat sekolah menengah."ujarnya" (fariza/sry)

Berita Lainnya
Minggu, 22 September 2019, 23:07

Unjuk Kreativitas : Siswa MTs N 1 Lampung Selatan Melukis Tanam Madrasah

Minggu, 22 September 2019, 18:37

MTs Negeri 2 Bandar Lampung berhasil menyabet 2 medali perunggu diajang KSM Tingkat Nasional di Manado tahun 2019

Jumat, 20 September 2019, 12:57

MTsN 1 Ikut Launching Senam Ratu

Jumat, 20 September 2019, 11:05

MTs N 1 Lampung Selatan melakukan pembenahan taman dan penanaman Pohon di lingkungan Madrasah

Kamis, 19 September 2019, 21:36

MTs N 1 Lampung Selatan sukses menggelar pemilihan OSIS