Kamis, 6 Desember 2018, 21:20

Bidang Urais adakan Evaluasi Program tahunan

Bandar Lampung (Inmas) -- Rapat evaluasi pelaksanaan program Bidang Urais dan Pembinaan Syariah tahun 2018, dilaksanakan di Hotel Kurnia Dua Bandar Lampung mulai dari Tanggal 6 - 7 Desember 2018. Kegiatan ini diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari Kepala Seksi Bimas Islam dan Penyelenggaraan Syariah Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota Se- Provinsi Lampung, serta JFU pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung.(06/11).

Acara dihadiri Kabag Tata Usaha H. M. Aris Rayusman, M.Pd.I mewakili Ka.Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung dan Kepala Bidang Urais H. Indra Jaya, M. Ap. Menurutnya tujuan kegiatan adalah dalam rangka untuk mengevaluasi program kerja Bidang Urusan Agama Islam Tahun 2018, yang sudah berjalan atau yang belum berjalan, sehingga program tahun 2019 akan lebih lancar dan meningkat.

Selanjutnya Kabid Urais dan Binsyar Kemenag Provinsi Lampung dalam materinya terkait dengan adanya PMA No 13 Tahun 2012, banyak tugas dan fungsi dibidang Urais yang perlu dievaluasi yakni prioritas pertama adalah alih fungsi JFT (Jabatan Fungsional Tertentu (Penghulu), menurutnya dengan aturan yang baru ini JFT Penghulu itu ada positifnya yaitu yang bersangkutan tunjangan fungsionalnya bisa naik dari grade dari 8 sampai 11, tetapi ada kekurangannya yaitu jika yang bersangkutan tidak bisa melaksanakan tugasnya maka tidak bisa diganti oleh JFU (Jabatan Fungsional Fungsional Umum), sehingga jabatan itu akan kosong.

Oleh karena itu pihaknya akan mengusulkan penggantinya dengan mengangkat kembali jabatan fungsional Kepala KUA Kecamatan. Kemudian Prioritas yang lainnya adalah Pembinaan Keluarga Sakinah, Para Kepala KUA agar mengadakan kursus Calon Pengantin (suscatin) sebelum adanya ijab kabul, selain itu bidang Urais Provinsi Lampung juga akan menyelenggarakan Pilotik Pusat Keluarga Sakinah yaitu pengambilan sampel KUA yang banyak Peristiwa nikahnya.

Indra Jaya juga memberikan Informasi terkait Bantuan SBSN untuk pembangunan Kantor KUA untuk tahun 2019 mendatang, Provinsi Lampung hanya mendapatkan 2 lokasi bantuan SBSN yaitu lokasi 1 KUA di Wilayah Kota Metro, kedua 2 KUA di wilayah Kabupaten Pesisir Barat."tutupnya.(sry)


Berita Lainnya
Selasa, 15 Mei 2018, 22:42

Hasil Pemantauan BHR, Hilal tidak terlihat di POB Bukit Glumpai

Senin, 23 April 2018, 12:46

PEMBINAAN WANITA MUSLIMAH MELALUI PENGAJIAN BERSAMA MAJLIS TAKLIM NURJANNAH

Jumat, 13 April 2018, 11:23

KUA KECAMATAN BANJAR AGUNG LAKSANAKAN KURSUS CALON PENGANTIN (SUSCATIN)

Selasa, 19 September 2017, 14:38

Sobri Buka Rapat Persipan MTQ XI Kab. Tulang Bawang

Kamis, 13 April 2017, 12:12

Kepala Kankemenag Tulang Bawang Lantik Tiga Kepala KUA