Selasa, 16 Juli 2019, 07:56

Buka Pendampingan Kurikulum, Kasi Penmad Tanggamus: Untuk Mewujudkan Madrasah Hebat Terlebih Dahulu Kita Harus Menjadikan Guru-guru Madrasah Hebat.

Tanggamus (Inmas) -- Bila kita ingin mewujudkan semboyan madrasah hebat bermartabat, maka terlebih dahulu kita harus menjadikan guu-guru madrasah hebat, demikian pernyataan Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus, Muhamad Hasan Basri, S.Ag., M.Pd. pada acara Pembukaan Pendampingan Penyusunan Kurikulum 2013 bagi Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM MIN 2 Tanggamus dan Raudlatul Athfal Se-Kabupaten Tanggamus Tahun 2019, pada hari Sabtu, 13 Juli 2019 bertempat di MI Mathlaul Anwar Gisting.

Hal ini dikarenakan Guru merupakan kunci utama keberhasilan proses pembelajaran di madrasah, lanjut Hasan. Untuk mewujudkan hal tersebut, lebih lanjut Hasan menjelaskan masing-masing madrasah harus mengadakan kegiatan pendampingan dan pembinaan bagi guru-gurunya. Tidak perlu harus menunggu pembinaan yang dilakukan di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung atau pun Kantor Kementerian Agama Kabupaten. Karena upaya pembinaan guru dan tenaga kependidikan sudah diakomodir melalui pendanaan BOS dalam bentuk diperbolehkannya penggunaan dana BOS untuk pembelanjaan komponen Pengembangan Profesi Guru dan Tenaga Kependidikan

Hasan juga mengucapkan terima kasih kepada, Ibu Amrina, M.Pd.I selaku Ketua Pokjawas dan Ibu Sundusiah, M.Pd.I, selaku Pengawas Pembina yang telah memotivasi dan memediasi guru-guru MI dan RA untuk mengikuti kegiatan pendampingan kurikulum 2013.

Melalui kegiatan pendampingan ini Hasan Berharap agar guru ke depannya dapat memahami dengan baik empat komponen kurikulum, yaitu:
1. Tujuan, yang merupakan kompetensi yang harus dimiliki siswa;
2. Isi dan bahan, merupakan materi pembelajaran yang harus disampaikan oleh guru kepada siswa;
3. Cara yang digunakan, merupakan proses pembelajarn yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran;
4. Pengaturan, yang merupakan usaha-usaha untuk memastikan ketercapaian pembelajaran melalui pemantauan, pengukuran dan pengendalian yang merupakan fungsi-fungsi pada penilaian pembelajaran.

Kegiatan pendampingan Kurikulum 2013 ini diikuti oleh 46 Kepala dan Guru Madrasah Ibtidaiyah Se-KKM MIN 2 Tanggamus serta 23 Kepala dan Guru RA Se-kabupaten Tanggamus.

Menaggapi kegiatan pendampingan ini, Kepala maupun guru MI dan RA menyambut dengan baik. Mereka berharap akan lebih sering lagi dilakukan pendampingan untuk peningkatan mengenai yang selama ini beranggapan bahwa kurikulum hanya terbatas pada dokumen I. Sebagian lagi ada beberapa guru langsung termotivasi untuk segera menyelesaikan Kurikulum MI atau RA dengan membuat kelompok-kelompok kecil sebagai media diskusi untuk bersama-sama menyelesaikan Kurikulum 2013.(er/Sri/ijal)

Berita Lainnya
Senin, 19 Agustus 2019, 18:09

Plh Ka Kankemenag Hadiri Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Pringsewu Periode 2019-2024

Senin, 19 Agustus 2019, 17:00

Doa Upacara HUT RI Ke-74 Di Kabupaten Lampung Utara, Dipimpin Plh. Kepala Kankemenag

Senin, 19 Agustus 2019, 16:27

Ketua Pokjaluh Harap Pembinaan Keluarga TKI Lahirkan Enterpreneur Baru

Senin, 19 Agustus 2019, 16:23

Kemenag Pesawaran Bagikan Hadiah Lomba

Senin, 19 Agustus 2019, 16:21

Pesawaran Gelar Upacara HUT RI