Jumat, 19 Juli 2019, 15:11

Nurhasanah: Manfaat Kegiatan Kepramukaan Bagi Siswa

Tanggamus, MTsN 1 (Inmas) - Jumat (19/7/19) siang merupakan latihan perdana gerakan pramuka pangkalan MTsN 1 Tanggamus Gudep 01.049-0.50. Latihan perdana ini dihadiri oleh para pembina Nurhasanah, S.Ag, Renitasari, S.Pd, dan Firliansyah, S.Pd.I. Latihan ini dihadiri seluruh siswa kelas 7 yang berjumlah 160 dan Dewan Kerja Galang (DKG) berjumlah 40.

Saat membuka latihan perdana ini Nurhasanah, S.Ag selaku pembina putri mengharapkan peserta didik ini akan rutin mengikuti latihan ini. Karena kegiatan pramuka ini sangatlah positif dan bermanfaat guna melatih disiplin diri, kebersamaan, mandiri dan menanamkan karakter yang baik. Upaya menanamkan dan membentuk karakter, dalam pramuka memiliki kode kehormatan.

Kode kehormatan mempunyai makna suatu norma (aturan) yang menjadi ukuran kesadaran mengenai akhlak yang tersimpan dalam hati yang menyadari harga dirinya, serta menjadi standar tingkah laku pramuka dimasyarakat. Upaya lain yang dilakukan untuk membentuk karakter siswa dalam kegiatan kepramukaan adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan menarik dan menantang yang dapat mengembangkan kreativitas siswa dan juga dapat mengembangkan berbagai keterampilan yang dimiliki siswa seperti kegiatan penjelajahan, pengembaraan, dan menentukan arah, sertamenganjurkan siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan masyarakat sekitar seperti mengadakan kegiatan bakti sosial.

Adapun Penanaman nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kegiatan kepramukaan dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan pramuka seperti tali temali, Pertolongan Pertaman Gawat Darurat (PPGD), ketangkasan pionering, morse dan semaphore, membaca sandi pramuka, penjelajahan dengan tanda jejak, pengembaraan, baris berbaris, dan menentukan arah.Dengan demikian pembentukan karakter siswa dalam kegiatan kepramukaan harus dilakukan dengan kegiatan yang menarik dan dapat dilakukan oleh siswa secara sukarela sehingga setiap kegiatan yang dilakukan akan membentuk karakter siswa itu sendiri. Karakter siswa nantinya juga bisa dikembangkan dan diterapkan dalam kehidupannya secara bermasyarakat. (fariza/sry)

Berita Lainnya
Rabu, 11 Desember 2019, 23:13

PAS SELESAI, GURU DAN WALIKELAS SIAPKAN NILAI RAPOR

Selasa, 10 Desember 2019, 22:20

PAS Ganjil MTsN 1 Tertib dan Lancar

Senin, 9 Desember 2019, 11:08

Hari Terakhir Semester Ganjil Di MTsN 2 Tanggamus

Senin, 9 Desember 2019, 10:26

Alumni GTK MTsN Model Talang Padang Serahkan Bantuan Pembangunan Mushola

Jumat, 6 Desember 2019, 07:52

PAS Hari Keempat MTsN 1 Aman dan Tertib