Senin, 5 Agustus 2019, 09:37

Wakaf Tingkatkan Ekonomi Umat

Bandar Lampung (Inmas) - Wakaf memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan ekonomi umat. Tidak seperti zakat yang terbatas pada golongan tertentu yaitu masyarakat yang kurang mampu, Selasa, 30 Juli 2019.

Dalam Forum Wakaf Internasional yang diselenggarakan di Hotel Fraser Place Puteri Harbour, Johor Malaysia, Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Wasril Purnawan, M.Si menyampaikan mengenai pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berwakaf di Provinsi Lampung.

"Yang saat ini masih berlaku di masyarakat adalah wakaf itu hanya untuk kepentingan pembangunan masjid, mushola dan madrasah. Atau dengan kata lain baru sebatas wakaf sebagai fungsi sosial," ujar Wasril dihadapan peserta forum dari Singapura, Brunai Darussalam, Malaysia, dan Indonesia, 29 Juli 2019.Sekretaris Badan Wakaf Indonesia (BWI) Provinsi Lampung ini menambahkan, selain memiliki fungsi sosial wakaf juga memiliki fungsi produktif yang dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan perekonomian umat.

"Pada dasarnya masyarakat Indonesia sudah memiliki kebiasaan untuk bersedekah, namun fungsi nazhir belum berjalan secara optimal. Sehingga wakaf belum dikelola dengan maksimal. oleh sebab itu dibutuhkan kerjasama dengan mitra wakaf dan juga sosialisasi secara masif agar wakaf dapat dikembangkan secara produktif," jelas Wasril."Jika pemanfaatan wakaf berjalan maksimal, maka nantinya dapat mengurangi angka kemiskinan secara nasional dan kesejahteraan umat dapat terwujud," tutup Wasril. (okta/sry)

Berita Lainnya
Rabu, 11 Desember 2019, 20:18

Kementerian Agama Lampung Raih Penghargaan Sebagai Badan Publik Informatif

Rabu, 11 Desember 2019, 19:58

Kado Terindah Dipenghujung Tahun, Kanwil Kemenag Prov. Lampung Raih Prestasi Komisi Informasi yang Kedua Kali

Senin, 9 Desember 2019, 22:49

Tim Itjen Kemenag RI Tinjau Pelaksanaan Verifikasi Berkas Lamaran Pendaftaran CPNS 2019

Senin, 9 Desember 2019, 10:43

Kepala Kemenag kota Balam pimpin apel pagi

Jumat, 6 Desember 2019, 13:36

Kemenag Kota Balam Gelar Penandatanganan Pakta Integritras