Selasa, 13 Agustus 2019, 14:23

Plh. Kakankemenag Bersama Bupati Lampung Utara Sholat Idul Adha Bersama

Lampung Utara (Inmas) -- Senin, 12 Agustus 2019. Perayaan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1440 H/2019 M ini, Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara (Drs. H. Makmur, M.Ag) bersama dengan Bupati Lampung Utara (H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.S.TP.,M.H.) melaksanakan Sholat Idul Adha bersama-sama serta dengan masyarakat setempat dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Lampung Utara, di Halaman Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara, pada hari Minggu, 11 Agustus 2019. Senin, 12 Agustus 2019.

Sebelum Sholat dimulai Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara (Akhmad Syaibani, S.Ag) menyampaikan laporan dari rekapitulasi 23 Kecamatan yang diterima, terdapat 497 Ekor Sapi/Kerbau dan 2.084 ekor Kambing yang dikurbankan di Kabupaten Lampung Utara. Sementara itu Bupati Lampung Utara (H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP, MH) mengurbankan 11 Ekor Sapi, 10 ekor sapi akan dipotong diberbagai tempat di Kabupaten Lampung Utara, dan 1 Ekor sapi akan dipotong di Halaman Kantor Pemkab Lampung Utara. Akhmad Syaibani juga melaporkan bahwa yang akan bertindak sebagai Imam pada pelaksanaan Sholat Idul Adha 1440 H / 2019 M yakni Kepala Madrasah Aliyah Darul Khair Kotabumi (Ustd. H. Romi Maali), dan sebagai Khotib Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Abung Pekurun (Weli Kusworo) dan sebagai bilal (M. Arsyad Huri, S.H).

Sementara dalam sambutannya Bupati Lampung Utara (H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP, MH) menyampaikan bahwa umat muslim di dunia kembali menjadi saksi betapa luasnya kasih sayang Allah SWT, besarnya nikmat dan rahmat dan ampunannya jika dihitung maka tidak ada satupun manusia yang mampu menghitungnya. Hal ini karena Allah SWT tidak memerintahkan kita untuk menghitungnya, melainkan mengajarkan kita untuk mensyukuri apa yang telah diberikan kepada mahluk ciptaanNya. Nikmat besar itu adalah dihari yang mulia ini, yaitu hari Nahr atau hari penyembelihan hewan Qurban. Di samping itu, tepatnya pada hari ini, hari Ahad 10 Dzulhijjah 1440 H, dimana umat muslim di seluruh penjuru dunia para jamaah haji khususnya umat muslim asal Kabupaten Lampung Utara, setelah tiba di tenda mina pada bada sholat subuh Waktu Arab Saudi melaksanakan pelemparan Jumrohtul Aqobah dan Tahalul Awal.

Bupati Lampung Utara menambahkan berdasarkan informasi pemantauan pelaksanaan haji yang diperoleh para jemaah haji asal Lampung Utara saat ini dalam kondisi yang baik dan sehat wal afiat. Meskipun dihari-har sebelumnya terdapat salah satu jamaah yang jatuh sakit dan harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi. Beliau adalah Bapak Abdul Roni Cik Asan, Alhamdulillah saat ini beliau telah kembali sehat, sehingga pada hari Jumat, 8 Dzulhijjah 1440 H tepatnya pukul : 12.00 Waktu Arab Saudi dapat berangkat bersama-sama dengan rombongan jamaah menuju Arofah dan bemalam di Arofah.

Dalam lanjutan sambutannya Bupati Lampung Utara menyampaikan dalam memperingati hari Raya Idul Adha ini, kepada masyarakat Kabupaten Lampung Utara dirinya berharap agar dapat mengambil hikmah dari dilaksanakannya Idul Adha atau Idul Quran ini. Untuk itu mari kita jadikan momentum hari Raya Idul Adha ini untuk terus meningkatkan kepedulian sosial, ikhlas berkorban dan terus berjuang bersama membangun Kabupaten Lampung Utara.

Setelah sholat Idul Adha dilanjutkan dengan penyerahan 1 ekor sapi dari Bupati Lampung Utara ke PHBI Lampung Utara untuk dikurbankan. (Rd/ijal).

Berita Lainnya
Kamis, 22 Agustus 2019, 10:21

Ka.Kan.Kemenag : Pendidikan Harus Inovatif Mengikuti Perkembangan Zaman

Kamis, 22 Agustus 2019, 09:14

H.Said Karimin jadi Pembina upacara HUT Kemerdekaan RI

Kamis, 22 Agustus 2019, 07:30

Malam Anugerah Penyuluh Agama Islam Teladan PNS dan Non PNS 2019

Kamis, 22 Agustus 2019, 01:16

Lampung Juara Pertama Penyuluh Agama Islam Teladan Tingkat Nasional 2019

Rabu, 21 Agustus 2019, 18:05

Kasi Penmad Kemenag Lampung Utara Pimpin Rakor K3RA