Rabu, 21 Agustus 2019, 16:37

Penghijauan Madrasah di MAN 1 Lampung Selatan

Foto bersama setelah melakukan penanaman pohon

Lamsel (Inmas) -- Kepala Bidang Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung melakukan penanaman pohon di halaman MAN 1 Lampung Selatan.(21/08/19).

Penanaman pohon di halaman MAN 1 Lampung Selatan oleh Kabid Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Lampung ini dilaksanakan setelah beliau membuka secara resmi acara Pembinaan Kepala-kepala Madrasah se Lampung Selatan. Penanaman pohon di lingkungan madrasah merupakan program penghijauan madrasah yang digalakkan oleh Kabid Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Lampung. Sasaran program penghijauan madrasah saat ini sementara berlokasi di wilayah Kabupaten Lampung Selatan karena wilayah ini masih banyak Madrasah yang belum banyak memiliki pohon yang berfungsi merindangi dan menghiasi.

Dalam kesempatan penghijauan tersebut Kabid Madrasah juga mengajak para siswa-siswi MAN 1 Lampung Selatan untuk terus menggiatkan program lingkungan hijau dan rindang dengan melakukan kegiatan penghijauan dan penanaman pohon disekitar lingkungan dan taman Madrasah.Menurut beliau "Program penghijauan madrasah memiliki manfaat yang cukup besar bagi keberlangsungan hidup para peserta didik di madrasah, karena itu penghijauan ini sangat penting, dan sangat bermanfaat". "Kegiatan penghijauan ini tujuan utamanya adalah untuk menumbuhkan kesadaran para siswa dan siswi akan pentingnya menjaga lingkungan. Karena tidak dipungkiri oksigen yang mereka hirup setiap harinya berasal dari tanaman. Oleh karena itu, kami selalu mengingatkan para warga mdrasah agar dapat tetap menjaga dan membenahi lingkungan madrasahnya salah satunya melakukan penanaman pohon, dan juga berhenti merokok dilingkungan kerja madrasah", ujarnya.

Selain membuat lingkunganmadrasah menjadi lebih asri dan hijau, adanya pohon-pohonn hijau juga ikut menambah dan mendukung suasana kegiatan belajar mengajar yang lebih nyaman, kondusif serta mengurangi asap polusi, tambah beliau.

Kamad MAN 1 Lampung Selatan yang mendampingi rombongan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama juga menuturkan, bahwa "Untuk mendukung kegiatan penghijauan di madrasah, pihaknya memanfaatkan lahan-lahan kosong yang ada dimadrasah dengan melakukan penanaman pohon penghijauan. Selain itu, penghijauan juga dilakukan dengan menanam bunga di taman sekolah yang ada di depan ruang guru dan kelas siswa yang telah dipersiapkan sebelumnya".

Keberadaan taman sekolahjuga selain bermanfaat untuk menghijaukan lingkungan sekolah, juga berfungsi sebagai tempat para siswa bersantai sambil menikmati indahnya aneka warna bunga saat jam istirahat belajar, tuturnya juga. (ari/ijal/Melawati basyar)

Berita Lainnya
Jumat, 20 September 2019, 10:50

OUT DOOR STUDY BAHASA INGGRIS

Jumat, 20 September 2019, 10:13

Inilah Tekad Pengurus Baru Laskar Tinta Emas MAN 1 Pringsewu

Rabu, 18 September 2019, 18:13

Melestarikan Budaya Indonesia Melalui Praktik Membatik.

Rabu, 18 September 2019, 14:12

MAN 1 Pringsewu Ikut Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten Pringsewu

Rabu, 18 September 2019, 12:52

Tiga Cara Agar Jadi Orang yang Benar-benar Ikhlas