Rabu, 21 Agustus 2019, 19:46

Ilmu bukan hanya sekedar teori

Bandar Lampung (Inmas) -- Rabu, 21 Agustus 2019 pada pukul 07.30 siswa-siswi kelas XI Mia 1 di MAN 1 Bandar Lampung melakukan kegiatan praktikum yang dilakukan di laboratorium Biologi. Yaitu, mengamati sel pada tumbuhan bawang merah, daun Rhoudiscolour, dan kentang yang dibina oleh Dra.Hj Adelarina.

Praktikum ini bertujuan agar siswa mampu mengetahui secara langsung bagian-bagian sel pada tumbuhan tersebut. Untuk meneliti tumbuhan kentang dilakukan dengan cara yang berbeda yaitu merendam di air garam dan air biasa selama 12 jam. Pada percobaan tersebut, kentang yang direndam air garam akan mengalami penyusutan sedangkan kentang yang direndam air biasa tidak akan mengalami perubahan.

Dilakukannya penelitian pada bawang merah dan daun Rhoudiscolour adalah dengan cara menyayat tipis dan diamati menggunakan mikroskop. Setelah diamati para siswa akan meneteskan air gula pada dua tumbuhan tersebut, dan akan membandingkan sebelum dan sesudah diteteskannya air gula tersebut. Hasil percobaan tersebut menunjukan bahwa bagian-bagian pada kedua sel tersebut terlihat jelas dinding sel sebelum diteteskan air gula dan, mengalami perubahan setelah diteteaskan air gula yaitu, dinding sel mengalami keruntuhan karena plasma sel keluar dari dinding sel. Setelah dilakukannya percobaan tersebut para siswa di instruksikan membuat laporan hasil praktikum tersebut. (Konstribusi : Tazkia, Putri, Rami/ijal/Melawati basyar)

Berita Lainnya
Kamis, 27 Februari 2020, 08:54

Sri Asiah: “Hak-hak perlindungan anak merupakan tanggung jawab kita”

Kamis, 27 Februari 2020, 08:32

Samsurizal Hadiri Acara Sosialisasi Madrasah Ramah Anak

Rabu, 26 Februari 2020, 20:55

Bahasa Arab Menjadi Lebih Mudah

Rabu, 26 Februari 2020, 20:48

Hikmah Pembelajaran Tentang Warisan

Rabu, 26 Februari 2020, 11:52

Saling Berbagi, Saling Merasakan