Kamis, 12 September 2019, 11:04

Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kab. Pringsewu Gelar Pembinaan Kapasitas Imam & Administrasi Masjid

Pringsewu (Inmas) - Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu menggandeng Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Pringsewu menggelar Pembinaan Kapasitas Imam dan Administrasi Masjid di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu, Kamis (12/9).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Plh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu H. Junaidi Sirad, S.Pd.I.,M.M, di dampingi oleh Plh Kasi Bimas Islam Kemenag Pringsewu Wilson Wiawan, S.Ag, Kasi PHU H. Kamaruddin, S.Ag.,M.Pd.I, Ketua DMI Kabupaten Pringsewu, Ketua MUI Pringsewu dan diikuti 100 orang peserta yang merupakan utusan dari sejumlah masjid yang ada di Kabupaten Pringsewu.

Wakil Ketua DMI Kabupaten Pringsewu H. Nasruddin, S.Ag, mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk menyampaikan informasi serta bekal pengetahuan kepada pengurus masjid dengan wawasan keislaman yang universal sehingga outputnya diharapkan pengurus masjid dapat mengelola masjid dengan baik dan produktif.

Menurutnya intisari kegiatan pembinaan ini tak lain untuk memberikan pengetahuan tentang tiga hal pokok yang harus dipahami dan diaktualisasikan oleh pengurus masjid, yaitu Idaroh (Administrasi Kemasjidan), Imaroh (Peribadatan), serta Riayah (Keindahan/Bangunan Masjid).

Plh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu H. Junaidi Sirad, S.Pd.I.,M.M, dalam arahanya menyampaikan Bahwa kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang sangan baik, melihat pada saat sekarang banyak sekali masjid-masjid yang sepi pengujung, dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih mencintai masjid, sehingga menjadikan masyarakat lebih giat lagi dalam melangkah ke masjid.

Disamping itu kegiatan ini juga dapat memberikan pengetahun kepada Takmir/pengurus masjid tentang tugas dan fungsi seorang takmir masjid, masjid-masjid yang memiliki sistem keuangan bagus nantinya akan diajak untuk membina masjid-masjid lainnya, sehingga bisa meningkatkan pengelolaan masjid.

"Semoga tujuan dari kegiatan ini bisa tercapai sehingga masjid dapat menjadi sarana penyebaran nilai-nilai ajaran Agama Islam yang merata ke berbagai kalangan khususnya masjid-masjid yang ada di Kabupaten Pringsewu" harapnya. (Imrn/melawati basyar)

Berita Lainnya
Kamis, 19 September 2019, 09:04

Kepala Subbag Tata Usaha Kemenag Kota Balam Ikuti Do’a dan Sholat Istisqa’

Rabu, 18 September 2019, 15:54

Pengukuran Tanah Wakaf, Untuk Diterbitkan Akta Ikraf Wakaf ( AIW )

Selasa, 17 September 2019, 16:07

Kejari dan Kemenag Lampung Utara Rapat Pakem

Selasa, 17 September 2019, 16:05

Kemenag Lampung Utara Adakan Kegiatan Penguatan Data Madrasah

Selasa, 17 September 2019, 16:04

Kasubbag TU Kankemenag Lampura Sosialisasi Rencana Aksi RB Pada Rakor KUA