Kamis, 12 September 2019, 11:32

Ka.Kan.Kemenag : Pilihlah pasangan hidupmu karena agamanya

Ka.Kan.Kemenag di dampingi Kasi Bimas Islam dalam acara bimbingan perkawinan

Metro (Inmas) --- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Metro H.Johan Yusuf,S.Ag.M.Pd.I, menekankan kepada seluruh peserta bimbingan perkawinan (BINWIN) pranikah remaja usia nikah. Agar mencari pasangan hidup yang baik agamanya, "jika dia laki laki pastikan kealimanya, dan jika dia wanita pilihlah karena kesolehanya".tuturnya

Hal itu diungkapkanya selama membuka dan memberikan materi BINWIN yang diselenggarakan Seksi Bimbingan Masyarakat. Kamis, 12 September 2019 pukul 08.00 WIB, bertempat di gedung dakwah komlpek Muhammadiyah J.KH.Ahmad dahlan Kelurahan Imopuro Kecamatan Metro Pusat Kota Metro.

Dalam kesempatan itu, Johan memberikan penjelasan kepada seluruh peserta tentang kreteria yang baik dalam mencari pasangan hidup menurut syariat islam. Pertama yang harus dipilih adalah keelokan parasnya, untuk wanita pilihlah laki laki yang tampan dan gagah, dan untuk laki laki pilihlah wanita yang cantik dan menawan.

Kedua kalinya yang harus dipertimbangkan adalah nasab atau keturunanya, pilihlah keturunan dari keluarga yang baik baik, artinya keluarga tersebut tidak pernah memiliki riwayat cacat hukum, cacat mental dan sebagainya yang dirasa kurang atau tidak layak untuk dijadikan pasangan hidup.

Ketiga kalinya adalah hartanya, ini juga harus jadi pertimbangan. Karena harta memang bukan segalanya tetapi dengan modal harta yang cukup, dapat memberikan kemanfaatan serta lebih memudahkan dalam segala urusan baik yang bersifat urusan rumah tangga, ibadah dan sosial.

Dan urutan yang ke empat adalah karena agamanya, dan ini merupakan yang paling penting untuk menjadi pertimbangan.Karena kalau sesuatu dilandasi dengan agama dan ilmu pengetahuan yang cukup, InsyaAllah pasti akan membuahkan hasil yang baik.

Untuk itu saya mengajak kepada seluruh adik adik mahasiswa yang hadir, agar benar benar jeli dan pandai dalam memilih pasangan hidup. Karena dialah yang akan selalu bersama dan menemani kita, baik suka maupun duka dalam merawat membesarkan anak anak kita dalam membangun dan mengarungi mahligai rumah tangga.

Peserta BINWIN berjumlah lima puluh terdiri dari mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jurai Siwo Metro, IAIM NU Ma'arif Kota Metro, Universitas Muhammdiyah Kota Metro dan Sekolah Tinggi Agus Salim Kota Metro.(tgh/zae/melawati basyar)

Berita Lainnya
Kamis, 27 Februari 2020, 14:07

Drs. H. Marwansyah ; Bakat Seni Dari Anak-Anak Harus Mendapatkan Tempat Dan Wahana Yang Pas Agar Semakin Berkembang

Kamis, 27 Februari 2020, 14:07

Gradasi Ke-8 MTs N 2 Pringsewu Resmi Dibuka

Kamis, 27 Februari 2020, 14:02

20 Peserta Santri Pondok Modern Al Furqon mengikuti gebyar Pramuka Penggalang Harlah MAN 1 Tubaba KE –16

Kamis, 27 Februari 2020, 10:28

Helmi Terima Sekapur Sirih pada Harlah ke 16 MAN 1 Tubaba

Kamis, 27 Februari 2020, 10:09

Fauzi Hasan Buka Secara Resmi Harlah MAN 1 Tubaba Ke –16