Kamis, 12 September 2019, 14:41

Dialog Lintas Agama Kab. Lampung Utara : “Hasilkan 5 Sikap”

Lampung Utara (Inmas). Rabu, 11 September 2019. Kerukunan umat beragama adalah keadaan hubungan sesama umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agama dan kerjasama dalam kehidupan bermayarakat berbangsa dan bernegara di dalam negara kesatuan Republik Indonesia bedasarkan Pancasila dan UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Atas dasar itu hari ini, Rabu, 11 September 2019, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara melaksanakan kegiatan Dialog Lintas Agama Tingkat Kabupaten Lampung Utara bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara. Rabu, 11 September 2019.


Kepala Subbag Tata Usaha Kankemenag Lampung Utara (Drs. H. Makmur, M.Ag) menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakan Dialog Lintas Agama Tingkat Kabupaten Lampung Utara ialah untuk memelihara dan menjaga kerukunan antar umat beragama serta mencegah terjadinya konflik antar umat bergama di Kabupaten Lampung Utara dan dapat memahami memperkuat rasa nasionalisme dan memahami nilai Pancasila serta wawasan kebangsaan cinta tanah air. Peserta yang mengikuti kegiatan dialog lintas agama Tingkat Kabupaten Lampung Utara terdiri dari unsur Organisasi Keagamaan MUI, Nadhlatul Ulama, Muhammadiyah, FKUB, LDII, GP. Ansor, Pemuda Muhammadiyah, FPLA dan para tokoh agama yang ada di Kabupaten Lampung Utara yaitu dari Khatolik, Kristen, Hindu dan Budha, dengan jumlah peserta 35 orang dan kegiatan ini berlangsung selama 1 (satu) hari.


Saat membuka kegiatan Dialog Lintas Agama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara (Drs. H. Qomaru Zaman, MA) dalam sambutannya mengatakan kegiatan merupakan menginternalisasi persoalan-persoalan keagamaan di Lampung Utara ini agar berjalan dengan bagus dan tidak akan terjadi konflik-konflik.

Karena itu kegiatan dialog lintas agama ini akan terus di programkan setiap tahunnya selagi bermanfaat untuk selalu terjaga kesatuan, persaudaraan, di antar umat beragama. Ucap QOmza.

Lanjut Qomaru Zaman, bahwa menjaga umat ini sangatlah sulit, Maka dengan bersama-sama tokoh pemuka agama masing-masing serta peran pemuda untuk selalu menjaga umatnya untuk tidak saling berkonflik dan saling menghargai serta menghormati selagi kegiatan umat beragama tidak menyimpang dari aturan-aturan yang berlaku.

Qomaru Zaman menambahkan saat ini seiring dengan kemajuan tekhnologi sosial media hal tersebut menyebabkan kerukunan umat bergama tentu mendapat tantangan yang cukup berat, banyak informasi yang bersifat propokatif dan ujuran kebencian dan informasi hoak dan lain sebagainya ini semua kita cerna telebih dahulu, sehingga persoalan-persoalan yang ada didunia maupun dimedia sosial tersebut tidak akan membuat kita terpecah belah. Qomaru menambahkan melalui forum ini kita bisa berdiskusi dan berkoordinasi tentang menjaga kerukunan antar umat beragama yang ada di Kabupaten Lampung Utara kerukunan yang telah terjalin dari tahun ketahun yang sudah kita bina bersama-sama.

Dari hasil Kegiatan Dialog Lintas Agama yang diadakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara menghasilkan 5 (lima) pernyataan sikap, Point yang Pertama : Akan selalu membangun dan menjaga suasana kerukunan hidup antar umat beragama di Kabupaten Lampung Utara; Kedua : Bertekad membangun dialog antara pemuka agama dan umat beragama dengan mengedepankan prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat demi terciptanya suasana kedamaian dan kerukunan umat beragama; Ketiga : Bertekat membangun kesadaran masing-masing pada umat beragama untuk menjalankan ibadah dengan baik dan benar, sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan masing-masing dan tidak akan menyebarkan agama kepada orang yang telah beragama, serta tidak terpengaruhi oleh bentuk Provokasi yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa; Keempat : Sanggup untuk menciptakan suasana damai dan menghargai perbedaan keyakinan serta ajaran agama masing-masing dalam kerangka menjaga persatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI); dan Kelima : Menolak semua bentuk faham terorisme yang mengatasnamakan agama dan mengancam serta menimbulkan perpecahan di masyarakat.

Kegiatan Dialog Lintas Agama diisi oleh dari berbagai nara sumber, diantara Kepala Bagian Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung (H. Wasril Purnawan, SE.,M.Si), Kepala Kankemenag Lampung Utara (Drs. H. Qomaru Zaman, MA), Kepala Subbag Tata Usaha Kankemenag Lampung Utara (Drs. H. Makmur, M.Ag), Kepala Kesbangpol Lampung Utara, dan Ketua FKUB Lampung Utara (H. Sihul Ali). (Rd/Sry/melawati basyar).

Berita Lainnya
Kamis, 19 September 2019, 09:04

Kepala Subbag Tata Usaha Kemenag Kota Balam Ikuti Do’a dan Sholat Istisqa’

Rabu, 18 September 2019, 15:54

Pengukuran Tanah Wakaf, Untuk Diterbitkan Akta Ikraf Wakaf ( AIW )

Selasa, 17 September 2019, 16:07

Kejari dan Kemenag Lampung Utara Rapat Pakem

Selasa, 17 September 2019, 16:05

Kemenag Lampung Utara Adakan Kegiatan Penguatan Data Madrasah

Selasa, 17 September 2019, 16:04

Kasubbag TU Kankemenag Lampura Sosialisasi Rencana Aksi RB Pada Rakor KUA