Senin, 25 November 2019, 08:02

Nauval : “Ayo Guru, Bergerak Untuk Perubahan”

Guru MAN 1 Tanggamus Menjadi Petugas Upacara HGN 2019

MAN 1 Tanggamus (Inmas). Upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2019 di MAN 1 Tanggamus berlangsung khidmat yang diikuti oleh seluruh Dewan Guru, Pegawai, dan siswa-siswi MAN 1 Tanggamus pada Senin, 25 November 2019. Bertindak sebagai inspektur upacara Kepala MAN 1 Tanggamus Drs. Nauval.

Sebelum membacakan amanat Nauval menyampaikan bahwa peringatan Hari Guru Nasional ini sebagai intropeksi sekaligus memberikan harapan-harapan kedepannya khususnya kepada bapak/ibu guru yang melaksanakan tugasnya, selanjutnya Nauval memberikan applous kepada petugas Upacara yang semuanya adalah Bapak/Ibu Guru. Selanjutnya Nauval membacakan Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Guru Indonesia memiliki tugas yang termulia sekaligus yang tersulit, ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan, ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas, tetapi waktu habis untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas. Guru tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan.

Saya tidak akan membuat janji-janji kosong kepada anda. Perubahan adalah hal yang tersulit dan penuh dengan ketidaknyamanan. Suatu hal yang pasti, saya akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia. Namun perubahan tidak dapat dimulai dari atas, semuanya berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama.

Besok, dimanapun anda berada lakukan perubahan kecil di kelas Anda : 1) Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar, 2) Berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas, 3) Cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas, 4) Temukan suatu bakat dalam murid yang kurang percaya diri dan 5) Tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan. Apapun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukan secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak.

SELAMAT HARI GURU #merdekabelajar #gurupenggerak. (awan)

Berita Lainnya
Sabtu, 7 Desember 2019, 07:50

Hari Keempat PAS di MAN 1 Pesawaran Berjalan dengan Tertib dan Lancar

Kamis, 5 Desember 2019, 17:23

Serah Terima Mahasiswa PPL STAI YASBA Kalianda Lampung Selatan

Kamis, 5 Desember 2019, 09:47

Asrama Siswa MAN 2 Bandar Lampung Siap Menerima Santri

Kamis, 5 Desember 2019, 09:10

MAN 1 Lampung Timur Adakan Bhakti Sosial Bedah Rumah Yang Ke -6

Rabu, 4 Desember 2019, 12:43

Panitia PAS MAN 2 Balam : “Koordinasi dan Kerjasama yang baik jadikan pelaksanaan ujian tertib dan lancar”