Senin, 25 November 2019, 10:13

Upacara Hari Guru Nasional di MAN 1 Lampung Selatan

MAN 1 Lampung Selatan (Inmas) -- melaksanakan Upacara Hari Guru Nasional tanggal 25 November 2019 upacara ini dilaksanakan secara berbarengan dengan Upacara penaikan bendera hari senin. Tahun 2019 ini kegiatan upacara HGN dilaksanakan serentak di seluruh tanah air. Pelaksanaan upacara Hari Guru Nasional di MAN 1 Lampung Selatan ini diikuti oleh seluruh eleman masyarakat MAN 1 Lampung Selatan, guru, staf tata usaha dan siswa sebagai peserta, bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Kamad MAN 1 Lampung Selatan dan sebagai petugas upacara adalah para siswa berasal dari kelas yang bertugas secara bergiliran.

Kamad MAN 1 Lampung Selatan selaku inspektur upacara menyampaikan sambutan menteri Pendidikan Nadiem Makarim yang sangat singkat hanya terdiri dari 2 lembar naskah pidato, beliau mengatakan diawal sambutannya, "Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati, biasanya tradisi Hari Guru dipenuhi oleh kata-kata inspiratif dan retorik,"Mohon maaf, tetapi hari ini pidato saya akan sedikit berbeda. Saya ingin berbicara apa adanya, dengan hati yang tulus, kepada semua guru di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke," kata Nadiem yang disampaikan oleh Kamad MAN 1 Lampung Selatan. Dalam pidato tersebut, Nadiem berjanji tak akan memberi janji kosong kepada ratusan guru. Ia juga menyampaikan rasa simpatinya untuk para guru di Indonesia karena tugas mulia yang mereka emban juga diikuti oleh aturan-aturan yang justru menyulitkan tugas mereka.

Selain itu, Nadiem memandang tugas administratif yang dibebankan kepada para guru menghambat mereka untuk membantu para murid yang mengalami ketertinggalan di kelas. Kurikulum yang terlalu padat dan kurangnya kepercayaan untuk berinovasi, dinilai Nadiem juga menghambat para guru untuk berkarya demi kesuksesan anak didiknya. Ia berjanji tidak akan memberi janji-janji kosong kepada seluruh guru di Indonesia, serta akan tetap berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia. Ia juga meminta para guru untuk melakukan perubahan kecil di kelas tanpa menunggu perintah. Masih dalam pidatonya, Nadiem mengatakan perubahan kecil terus bisa dilakukan dengan cara berikut: Mengajak kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar. Memberikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas. Mencetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas. Menemukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri. Menawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan "Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak," akhir pidato Nadiem yang dibacakan oleh kamad MAN 1 Lampung Selatan.

Selain membacakan tek pidato HGN Menteri Pendidikan, kamad MAN 1 Lampung Selatan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pada guru MAN 1 Lampung Selatan yang telah ber prestasi dan mengajak kepada para guru untuk terus berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran, beliau juga menyampaikan kepada para siswa MAN 1 Lampung Selatan untuk dapat menghargai jasa para pahlawan tanpa tanda jasa dengan cara belajar dan terus belajar. (Admin MAN1 Lamsel/ijal).

Berita Lainnya
Sabtu, 7 Desember 2019, 07:50

Hari Keempat PAS di MAN 1 Pesawaran Berjalan dengan Tertib dan Lancar

Kamis, 5 Desember 2019, 17:23

Serah Terima Mahasiswa PPL STAI YASBA Kalianda Lampung Selatan

Kamis, 5 Desember 2019, 09:47

Asrama Siswa MAN 2 Bandar Lampung Siap Menerima Santri

Kamis, 5 Desember 2019, 09:10

MAN 1 Lampung Timur Adakan Bhakti Sosial Bedah Rumah Yang Ke -6

Rabu, 4 Desember 2019, 12:43

Panitia PAS MAN 2 Balam : “Koordinasi dan Kerjasama yang baik jadikan pelaksanaan ujian tertib dan lancar”