Senin, 2 Desember 2019, 12:03

Bupati Parosil Mabsus Kukuhkan FKUB Lampung Barat

Lampung Barat (Inmas) - FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kabupaten Lampung Barat periode 2018-2023 dikukuhkan. Bupati Lampung Barat bersama Wakil Bupati, Kapolres, Dandim, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri serta Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat dan para undangan ikut menyaksikan pengukuhan tersebut di Aula Kemenag Lampung Barat pada Senin 02 Desember 2019.

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, S.Pd secara resmi mengukuhkan pengurusan FKUB Lampung Barat dan dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih kepada perwakilan dari para tokoh agama yang selalu berkoordinasi dan membantu pemerintah dalam hal kerukunan umat beragama. Kerukunan umat beragama harus terjaga dengan tidak perlu ditekan oleh pihak lain. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Kantor Kementerian Agama kabupaten Lampung Barat yang telah berperan aktif dalam menjaga Kerukunan Umat Beragama.

Selain itu, FKUB juga bertugas untuk melakukan dialog dengan pemuka agama dan tokoh masyarakat, menampung aspirasi ormas keagamaan dan aspirasi masyarakat menyalurkan aspirasi ormas keagamaan, melakukan sosialisasi perautan perundang-undangan dan kebijakan di bidang keagamaan yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama, memberikan pendapat dan saran dalam hal penyelesaian perselisihan dalam pendirian rumah ibadah. Dengan berdirinya FKUB tentu akan memenuhi harapan kita semua yang senantiasa menginginkan untuk secara bersama-sama saling pengertian dan toleransi antar umat beragama. Karena mengingat pembentukan FKUB ini merupakan suatu kebutuhan yang penting dan strategis agar dapat terlaksana dengan baik dan terhindar dari konflik. Jelasnya

Saat dikonfirmasi, Ketua FKUB Abdul Rosyid, S.Ag mengatakan jumlah peserta yang dikukuhkan ada 17 orang terdiri dari berbagai unsur kegagamaan sebagai pengurus FKUB Lampung Barat, Forum Kerukunan Umat Beragama atau biasa disebut dengan FKUB melalui Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 dan Nomor 8 tahun 2006 menjalankan tugasnya sebagai pemelihara dan menjaga kerukunan umat beragama di Indonesia.

Sebagai organisasi kemasyarakatan yang berbasis pada pemuliaan nilai-nilai agama di tengah-tengah masyarakat yang agamis. FKUB sendiri dibentuk oleh sebuah wadah yang dibentuk oleh masyarakat dan di fasilitasi pemerintah dalam rangka membangun dan memelihara serta memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan bagi seluruh pemeluk agama di Indonesia. Strategi dalam menjalankan kerukunan tersebut tentunya berada di daerah-daerah dan FKUB yang berada di Kabupaten Lampung Barat sangat berperan vital untuk menjaga kebersamaan yang diinginkan bersama. Ungkapnya. (admin)

Berita Lainnya
Selasa, 10 Desember 2019, 16:29

Kemenag Lampung Utara Seleksi Peserta PAI Non PNS

Selasa, 10 Desember 2019, 16:28

Kakankemenag Tausiah Pada Safari Subuh DMI Lampung Utara

Selasa, 10 Desember 2019, 15:02

Ramdan: ”Apabila Tidak Serius Lebih Baik Mundur“

Selasa, 10 Desember 2019, 13:23

Kepala Kemenag hadiri Pengajian Akbar

Selasa, 10 Desember 2019, 09:36

Ka.Kan.Kemenag Metro Pastikan Rekrutmen PAI Non PNS Bebas KKN