Jumat, 24 Januari 2020, 10:31

KEPALA KUA KEC. BATANGHARI NARA SUMBER PADA SEMINAR MUBADALAH IAIN METRO

menjadi nara sumber

Lamtim (Inmas) -- Kepala KUA Kec. Batanghari , Drs.H.Em Sapri Ende, M.Sy. Pagi ini menjadi salah satu pembicara (Nara sumber) pada seminar Bedah Tafsir Progresif MUBADALAH menuju gender yang berkeadilan yang diadakan oleh Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) IAIN Metro.Rabu, (22/01/2020)

Seminar yang diadakan di Gedung Serba Guna IAIN Metro tersebut diikuti sebanyak 200 peserta, yang berasal dari Mahasiswa IAIN Metro, Mahasiswa UIN Raden Intan Bandar Lampung , civitas akademika IAIN Metro, dan juga Penyuluh Agama Islam Kemenag Kab. Lampung Timur, Materi yang disampaikan Kepala KUA Kec, Batanghari berjudul Mubaadalah sebagai cara pandang dalam memberikan pelayanan perkawinan di KUA dalam uraiannya, disampaikan bahwa Mubadalah adalah salah satu persfektif dan pemahaman dalam relasi tertentu antara dua pihak, yang mengandung nilai dan semangat kemitraan, kerja sama, kesalingan, timbal balik dan prinsif resiprokal, sehingga prinsif mubadalah tersebut tidak hanya untuk mereka yang berpasangan tetapi juga untuk mereka yang memiliki relasi dengan orang lain, termasuk dalam hal ini adalah pelayanan di KUA Kecamatan, khususnya KUA Kec. Batanghari bisa menggunakan prinsif mubadalah ini.

Pelayanan-pelayanan tersebut, seperti pelayanan lintas sektoral, pelayanan individual, pelayanan eksternal maupun pelayanan internal di KUA Kecamatan. Berdasarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) No.34 tahun 2016, tentang organisasi dan tata kerja KUA Kecamatan, setidaknya ada 10 fungsi KUA , yang antara lain adalah melaksanakan pelayanan dan pengawasan, pencatatan nikah dan rujuk, serta pelayanan dan bimbingan keluarga sakinah, adalah sangat memungkinkan dan bisa efektif dalam mencapai keberhasilan dengan menggunakan pendekatan mubadalah ini, demikian pungkas Kepala KUA , Drs. Em Sapri Ende.

Acara seminar tersebut diisi juga oleh 2 orang nara sumber yang lain yaitu bapak KH Faqihudin Abdul Kodir penulis Buku Mubadalah dan bapak Ervan Nurtawab,PH.D, dosen IAIN Metro. (.../ijal)

Berita Lainnya
Kamis, 27 Februari 2020, 14:07

Drs. H. Marwansyah ; Bakat Seni Dari Anak-Anak Harus Mendapatkan Tempat Dan Wahana Yang Pas Agar Semakin Berkembang

Kamis, 27 Februari 2020, 14:07

Gradasi Ke-8 MTs N 2 Pringsewu Resmi Dibuka

Kamis, 27 Februari 2020, 14:02

20 Peserta Santri Pondok Modern Al Furqon mengikuti gebyar Pramuka Penggalang Harlah MAN 1 Tubaba KE –16

Kamis, 27 Februari 2020, 10:28

Helmi Terima Sekapur Sirih pada Harlah ke 16 MAN 1 Tubaba

Kamis, 27 Februari 2020, 10:09

Fauzi Hasan Buka Secara Resmi Harlah MAN 1 Tubaba Ke –16