Ketahanan Keluarga Adalah Awal Terbentuknya Ketahanan Bangsa

04 Agustus 2020, 23:37 WIB

Lampung, Kanwil Lampung (Humas) – Bidang Urais Kanwil Kemenag Provinsi Lampung menggelar acara Penguatan Keluarga Muda Tahun 2020 di Hotel Bukit Randu, Bandar Lampung, 4 Agustus 2020.

Kegiatan selama dua hari tersebut diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari perwakilan Kantor Kementerian Agama 15 Kabupaten / Kota di Provinsi Lampung.

Adapun pembicara pada acara ini antara lain adalah Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Drs. H. Juanda Naim, MH, Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Lampung H. Wasril Purnawan, SE, M.Si, Kabid Urais Kanwil Kemenag Provinsi Lampung H. Indrajaya, S.Ag, M.AP, Kasi Kepenghuluan dan Fasilitasi Bina Keluarga Sakinah Kanwil Kemenag Provinsi Lampung H. Waldy Mahbuba, S.Ag, M.Sy, dan dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

Dalam kesempatan itu, Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Lampung H. Wasril Purnawan, SE, M.Si menyampaikan materi mengenai Membangun Ketahanan Keluarga.

“Salah satu faktor penting untuk membangun ketahanan keluarga adalah adanya keterbukaan dalam mengelola keuangan, membiasakan pola makan sehat, hidup sehat, dan olahraga,” paparnya.

Menurut Wasril, membiasakan hidup bersosial budaya dengan sesama warga disekitar tempat tinggal juga tak kalah penting.

“Karena jika kita dapat bersosialisasi dengan baik, maka ketika mengalami kesulitan warga sekitar akan membantu,” jelasnya.

Wasril juga mengatakan, ketahanan keluarga merupakan awal dari terbentuknya ketahanan bangsa.

“Hal tersebut tentu saja dapat diwujudkan apabila kebutuhan ekonomi, psikologis, dan sosial budaya telah terpenuhi di dalam keluarga,” urainya.

Sementara itu, Kabid Urais Kanwil Kemenag Provinsi Lampung H. Indrajaya, S.Ag, M.AP membeberkan materi mengenai prioritas program Urais dalam pembinaan keluarga.

“Maka dengan adanya acara ini diharapkan para peserta dapat menjadi duta Urais dalam rangka membentuk keluarga sakinah, mawaddah, dan warahmah,” ujarnya. (Okta Kusuma Jatha / Rizki Mubarak)

Berita Terkait