Kemenag Metro Adakan Pembinaan Idiologi Dan Pembinaan Moderasi Beragama Serta Sosialisasi Program Madrasah

15 September 2020, 14:06 WIB

Metro (Humas) --- Kantor Kementerian Agama (Kan.Kemenag) Kota Metro melelui Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) mengadakan pembinaan idiologi dan moderasi beragama serta mensosialisasikan program pendidikan madrasah. Kepada kelompok kerja Madrasah Tsanawiyah Swasta (KKM. MTs) se Kota Metro.

Acara tersebut berlangsung. Selasa 15 September 2020 pukul 08.30WIB bertempat di MTs Ma’arif Raudlotul Tholibin Jl RA Kartini 28 Kelurahan Purwosari Kecamatan Metro Utara Kota Metro.

Dalam kesempatan itu Kepala Kantor Kemenag Kota Metro H.Johan Yusuf,S.Ag.M.Pd.I, diwakili oleh Kepala Seksi Penmad Drs.H.Syahro,M.Sy membuka dan member materi tentang pentingnya penguatan idiologi dan meoderasi beragama dijajaran madrasah.

Menurut Syahro, penguatan idilogi sangat penting untuk ditekankan dan ditanamakan dilingkungan madrasah. Karena Madrasah sebgai lembaga pendidikan dibawah Kemenag harus tetap mengembangkan program pedndidikan keagamaan yang rahmatan lil alamin sesuai dengan falsafah idiologi Pancasila.

Dirinya menyoroti perkembangan masyarakat dan media soaial bahwa akhir akhir ini, banyak umat islam di Indonesia yang mempermasalahkan idiologi Pancasila dan dengan sengaja membenturkan antara agama dan dasar Negara.

Menyikapi hal itu, Kemenag berkewajiban mensosialisasikann pemahaman moderasi beragama. Yaitu pemahaman beragama yang moderat, yang menghargai perbedaan, dan kebinekaan serta tidak memaksakan kehendak sendiri, kelompok atau golonganya. Serta mengajak untuk saling bekerjsama antara satu dengan lainya meskipun ada perbedaan.

Lebih lanjut Syahro menegaskan, bahwa menurut pandangan Islam bahwa Negara bukanlah suatu tujuan akhir. Tetapi merupakan sarana untuk mewujudkan kemaslahatan umat dalam menjalankan syariat agama.Pungkasnya.

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh Kepala MTs, Guru, dan Staf seluruh Madrasah Tsanawiyah Swasta se Kota Metro.(tgh/zae)

Berita Terkait