Seksi Bimas Islam Gelar BINWIN

16 September 2020, 11:05 WIB

Metro (humas) --- Kantor Kementerian Agama (Kan.Kemenag) Kota Metro, melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas) menyelenggarakan Bimbingan Perkawinan (BINWI) angkatan 1. Kepada seluruh calon pengantin (Catin) se Kota Metro, yang akan melangsungkan pernikahanya pada bulan September dan Oktober 2020.

Acara tersebut berlangsung 16 – 17 September 2020, bertempat diaula Kantor Kemenag Kota Metro. Di hadiri oleh lima puluh peserta atau dua puluh lima pasang catin, yang terbagi di lima Kantor Urusan Agama (KUA) se Kota Metro.

Dalam kesempatan itu Kepala Kantor Kemenag Kota Metro H.Johan Yusuf,S.Ag.MM, diwakili Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam H.Deswin Fitra,S.Ag.MM. membuka dan memberikan materinya.

Selama memberikan materi Deswin menekankan kepada seluruh peserta, agar meluruskan niat untuk menikah bukan hanya dasar cinta semata. Tetapi harus diniatkan untuk ibadah. Karena kita sebagai umat muslim disyariatkan untuk menikah dan berumah tangga.

Menurutnya dasar atau niat untuk menikah itu sangat penting, karena akan berpengaruh bagi mahligai rumah tangga yang akan dibina.

”Niatkan semata mata untuk ibadah, jangan hanya sekedar merasa mampu karena telah mempunyai penghasilan yang cukup. Karena menikah itu bukan hanya sekedar materi tetapi harus siap mental, matangkan fikiran dan dewasa dalam menghadapi dan menyikapi masalah”paparnya

Lebih lanjut Deswin menyatakan, agar menanamkan sikap saling toleransi, saling pengertian, saling memahami Karena pernikahan itu adalah menyatukan dua kepribadian yang berbeda, menyatukan dua kelurga yang berlainan baik latar belakan ataupun status sosialnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) Ruslan Helmi,S.Sos.MM, memberikan materi kepada seluruh peserta catin. Ruslan memberikan game game atau permainan permainan yang mengandung arti dan makna untuk kelak selama mengarungi bahtera rumah tangga.

Disamping itu Ruslan, berpesan agar saling menanamkan sikap hormat menghormati baik kepada orang tua maupun kepada mertua karena mereka adalah orang tua yang wajib harus kita muliakan. Karena berkah restu merekalah dasar kebahagian rumah tangga, terangnya(tgh/zae)

Berita Terkait