3 Pengawas Tanggamus Laksanakan Uji Coba Aplikasi AKP

15 Oktober 2020, 21:45 WIB

 Tanggamus (Humas) - Kamis (15/10/20)  dilaksanaan uji coba aplikasi Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP) di ruang laboratorium komputer MTsN 1 Tanggamus yang diikuti oleh perwakilan 3 pengawas yakni pengawas MI Sundusiah, M.Pd.I, pengawas MTs Naviza, M.Pd.I dan pengawas MA Eti Agustina, M.Pd.I

Kegiatan AKP tersebut merupakan tindaklanj surat edaran Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus Nomor B-1488/Kw.08.2/PP.00/10/2020 perihal Pelaksanaan Uji Coba Aplikasi Asesmen Kompetensi Guru, Kepala dan pengawas Madrasah  Madrasah (AKG, AKK, AKP) tahun 2020. Tujuannya untuk mendiagnosa apa kelemahan yang dimiliki oleh guru, kepala madrasah, dan pengawas madrasah sehingga bisa ditentukan apa treatment dan yabg tepat untuk meningkatkan  kompetensi guru, kamad, dan wasmad.

Kepala seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Tanggamus Hikmat Tutasri, S.Pd. menjelaskan bahwa salah satu prioritas Rencana Strategis Kementerian Agama melalui Ditjen Pendidikan Islam dalam meningkatkan mutu Pendidikan Islam adalah peningkatan mutu pembelajara melalui peningkatan mutu guru, kepala madrasah dan tenaga kependidikan di madrasah. Peningkatan mutu guru, kepala madrasah dan tenaga kependidikan di madrasah dilaksanakan melalui skema Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB). Lokus program tersebut dilakukan di kelompok kerja terdekat yaitu melalui kegiatan dalam Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK), Kelompok Kerja Madrasah (KKM), dan Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Madrasah.

Pada kesempatan ini juga Hikmat Tutasry memonitoring kegiatan uji coba aplikasi ini guna memastikan kesiapan aplikasi dan infrastruktur yang ada di MTs Negeri 1 Tanggamus sebagai tempat assessment kompetensi (TAK) selain itu juga agar para peserta dapat mendapatkan gambaran apa yang akan diujikan dan juga sekaligus memahami proses pelaksanaan AKG, AKK dan AKP yang akan dilaksanakan bulan November mendatang. (fariza/ijal).

Berita Terkait