1 Tim Myres MAN 1 Lampung Selatan Lolos ke Tingkat Nasional

16 Oktober 2020, 07:18 WIB

Kalianda, 16/20 (Inmas)--- Siswa MAN 1 Lampung Selatan atas nama Siti Nurhayati dan Shela berhasil lolos seleksi sebagai salah satu semifinalis program Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES) Tingkat Nasional Tahun 2020. Pengumuman hasil penilaian proposal penelitian peserta tingkat MTs dan MA dilaksanakan pada 14 Oktober 2020 oleh Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Program Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES) merupakan lomba karya tulis ilmiah siswa madrasah berbasis riset bagi siswa tingkat MTs dan MA tingkat Nasional. Kriteria penilaian antara lain Penilaian Substansi Naskah, Penilaian Presentasi, dan Penilaian Pameran/Poster.

Dengan mengangkat judul “ Faktor-faktor penyebab kurangnya minat remaja dalam belajar membaca Alqur’an di Dusun Sukacai Desa Sukatani Kecamatan Kalianda, dua siswa ini menjadi salah satu tem dari 50 orang peserta yang lolos tahap 1 (Semifinalis) pada bidang Ilmu Keagamaan dari seluruh Indonesia.

Jenjang MA terdiri dari 3 bidang, yakni: Ilmu Sains, Matematika dan Pengembangan Teknologi, Ilmu Sosial dan Kemanusiaan (Sosial dan Humaniora), dan Ilmu Keagamaan Islam. Peserta yang lolos seleksi tahap 1 bidang Ilmu Sains, Matematika dan Pengembangan Teknologi ada 50 orang, bidang Ilmu Sosial dan Kemanusiaan (Sosial dan Humaniora) ada 50 orang, dan bidang Ilmu Keagamaan Islam ada 50 orang.

Seluruh peserta MYRES yang lolos seleksi pada tahap 1 akan mengikuti seleksi tahap 2 berupa presentasi proposal secara virtual pada tanggal 17 – 20 Oktober 2020. Dengan teknik setiap peserta melakukan presentasi proposal selama 5 menit. Paparan yang akan disampaikan berupa Slide presentasi/infografis/poster 1 lembar yang memuat Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Teori yang Digunakan serta Metodologi Penelitian.  

Wakil Madrasah bidang akademik Novi Srawaili, M. P Kim., menyatakan bahwa “Madrasah Aliyah Negeri 1 MAN 1 Lampung Selatan (Mansalase) pertama kali mengikuti Kompetisi Penelitian dan Karya Tulis Ilmiah Siswa Madrasah paling bergengsi di lingkup Kementerian Agama RI”.

“Mansalase menunjuk 5 orang guru untuk membina siswa yang akan ikut program MYRES. Program MYRES ada 3 bidang yang dilombakan. Mansalase mengirimkan 5 judul proposal untuk 3 bidang; 2 proposal bidang matematika sains dan pengembangan teknologi (MST), 2 proposal bidang bidang sosial dan humaniora dan  1 proposal bidang ilmu keagamaan Islam Adapun siswa binaan sebanyak 8 orang dengan pembagian 3 tim terdiri dari 2 orang dan 2 orang individu, dan lolos yang hanya satu tim”. 

 “Kami mengirim 5 proposal. Ya Alhamdulillah, yang lolos seleksi tahap 1 hanya 1 proposal yakni dalam bidang Ilmu Keagamaan yang atas nama Siti Nurhayti dan Shela ”, tutur Novi Srawaili.

“Evie Zulfiana, S.Pd, salah satu pembina bidang Ilmu Keagamaan Islam memberikan keterangan saat ditemui di area Mansalase, Kamis siang (15/10). Persaingan cukup ketat, presentasi proposal tingkat MA akan dilaksanakan pada tanggal 19 – 20 Oktober 2020. Setiap peserta diharuskan mengirimkan paparan berupa Slide presentasi/Infografis/Poster paling lambat tanggal 16 Oktober 2020 ke panitia. Siti Nurhayti dan Shela akan menyampaikan presentasisecara virtual”. Semoga berjalan lancar,” harapnya.

Sementara itu kepala Mansalase, Ahmad Musopa, S. Pd. I di tempat terpisah mengatakan bahwa “dengan adanya Myres ini kita bangun siswa-siswi kita untuk terus berbuat menoreh prestasi, walau bukan juara 1 tapi paling tidak yang terbaik di antara mereka, dan ke ikut sertaan dalam segala kegiatan yang sifatnya tingkat kabupaten provinsi dan nasional adalah kebanggaan buat madrasah kita, dan saya berharap kepada semua keluarga besar MAN 1 Lampung Selatan  terus lah berbenah demi kemajuan  madrasah kita” ungkapnya

”Dan siswa Mansalase berhasil lolos ke tingkat Nasional dalam ajang Myres ( Madrasah Young Reseacher Super Camp ) tahun 2020 yangan merupakan Lomba karya tulis ilmiah siswa madrasah berbasis riset, semakin menambah deretan prestasi yang diraih siswa Mansalse” pungkasnya (M’Bas/sry)   

Berita Terkait