Kabid PHU Lampung "Jadilah Mitra Kemenag yang Baik dan Taat Aturan"

16 Oktober 2020, 08:37 WIB

PHU Lampung (Humas) --- Kementerian Agama adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan agama, salah satunya adalah penyelenggaraan ibadah haji dan umrah. Kementerian Agama dipimpin oleh seorang Menteri Agama (Menag) yang sejak tanggal 22 Oktober 2019 oleh Jenderal Purn Fachrul Razi.

Sebagai instansi pemerintah dalam penyelenggara ibadah haji dan umrah, Kementerian Agama Republik Indonesia dibantu oleh Instansi dan pihak-pihak terkait, salah satunya adalah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU).

Hal ini yang disampaikan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs. H. M. Ansori, M.Kom.I, dihadapan para peserta pembinaan KBIH Tahun 1442 H/2020 M Se-Kabupaten Lampung Utara, kemarin (13/10) di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten setempat.

"KBIHU adalah lembaga sosial keagamaan yang telah mendapatkan izin dari pemerintah untuk melaksanakan bimbingan kepada jemaah haji sebelum keberangkatan ke Arab Saudi, selama perjalanan dan selama di Arab Saudi. Izin yang dimaksud disini berasal dari Kementerian Agama", jelas Ansori.

"KBIHU memiliki kewajiban yaitu memberikan bimbingan kepada jemaah haji, mentaati peraturan perundang-undangan yang berkenaan dengan penyelenggaraan ibadah haji, mengkoordinasikan dan membantu kelancaran penyelenggaraan ibadah haji dengan petugas terkait, menandatangani surat perjanjian dengan jemaah haji yang berisi hak dan kewajiban kedua belah pihak, menyampaikan daftar jemaah haji yang dibimbing kepada Kepala Kantor Kementerian Agama setempat, melaporkan kegiatan bimbingan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama setempat, dan menonjolkan identitas nasional dan bukan identitas kelompok

KBIHU mempunyai tugas pokok antara lain memberikan layanan informasi dan konsultasi tentang haji, memberikan bimbingan manasik haji di tanah air dan di tanah suci, memberikan pemahaman tentang teori dasar ibadah haji sehingga jamaah haji percaya diri dan sadar tentang keabsahan ibadah hajinya, memberikan arahan dan motivasi kepada jamaah untuk tidak melakukan kesalahan dlm ibadah dan mengejar ke-mabruran hajinya, dan memberikan arahan penguasaan medan ibadah serta mengatur waktu selama di tanah suci.

Dan KBIH juga memiliki fungsi yang meliputi sebagai mitra pemerintah dalam memberikan informasi dan bimbingan kepada calon jamaah haji, sebagai konsultan dan sumber informasi tentang hal-ihwal mengenai haji, sebagai pembimbing bimbingan manasik haji di tanah air untuk pembekalan terhadap calon haji menuju haji mandiri dan mabrur, sebagai pengarah membantu dan motivator terhadap jamaah haji di tanah suci", imbuhnya.

Ansori menambahkan bahwa KBIHU memiliki peran yang penting dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terkait dengan pelaksanaan ibadah haji. Ini semua sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 110 Undang-undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah.

“KBIHU adalah mitra kerjasama pemerintah dalam hal ini adalah Kementerian Agama Republik Indonesia dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua calon jamaah haji dan Umrah. Sedangkan Keberadaan KBIH ini diharapkan mampu memberikan peningkatan pengetahuan jemaah haji dan Umrah, dari persiapan berangkat ke tanah suci sampai dengan kepulangan ke tanah air,” tandasnya.

"Kemenag dan KBIHU merupakan mitra penting. Karenanya, selagi ada kesempatan, Kemenag dan KBIHU harus saling membantu dalam melakukan pembinaan terhadap masyarakat. Dan Keberadaan Kemenag dan KBIHU hendaknya dapat lebih terasa manfaatnya bagi masyarakat. Mari terus bersinergi dan bekerjasama agar kualitas pelayanan terhadap masyarakat, terutama terkait ibadah haji dan umrah semakin meningkat. Mari kita niatkan eksistensi kita untuk membantu orang lain. Insya Allah akan diberkahi. Jangan sampai gara-gara kita justru masyarakat menjadi susah,” jelas Ansori.

“Segala sesuatu pasti akan berakhir. Untuk itu, mari kita jalankan tugas dan peran kita masing-masing dengan sebaik mungkin. Mari saling tolong, saling bantu. Jangan cemari citra dan marwah kita dengan melakukan hal-hal yang kurang etis. Insya Allah, Allah SWT berikan yang terbaik untuk hamba-Nya

Dan diakhir arahan dan materinya Ansori berpesan kepada seluruh KBIHU Se-Kabupaten Lampung untuk menjadi mitra kementerian agama yang baik dan menaati aturan baik kebijakan maupun peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Jadilah Mitra Kemenag yang Baik dan Taat Aturan dalam pelayanan kepada masyarakat terutama jemaah haji", pesannya.(Anggithya Putri Senjaya)

Berita Terkait