Kamad MIN 1 Melakukan Supervisi Online Via Zoom

16 Oktober 2020, 10:35 WIB

kotabumi,16 Oktober 2020

Supervisi merupakan kegiatan wajib yang dilakukan di satuan pendidikan untuk memastikan pembelajaran terlaksana dengan baik. Supervisi ini dilakukan untuk melihat kesesuaian antara rencana pembelajaran dengan realisasi yang dilaksanakan serta memastikan media dan metode yang digunakan dapat meningkatkan kemampuan dan motivasi belajara siswa.
Dimasa normal, supervisi dilaksakan secara langsung di kelas ataupun bisa dilakukan dengan bantuan CCTV. Namun keadaan pada masa pandemi ini menuntut adanya kreatifitas dan cara baru. Hal ini untuk memastikan bahwa semua siswa mendapat pengajaran yang terbaik dengan cara-cara terbaik.
Kepala MIN 1 Lampung Utara Ibu Zarwati, S.Pd.I melakukan berbagai cara dalam melakukan supervise. Supervisi yang dilakukan sangat flexible mengikuti media dan platform yang digunakan oleh guru. Jika guru menggunakan grub WA, maka beliau bergabung dan mengikuti pembelajaran secara penuh di grub tersebut, begitu pula jika guru menggunakan platform GoogleClasromm, maka pengkondisian kelas di platform tersebut juga diperhatikan.
Pembelajaran masa pandemi menuntut guru untuk lebih kreatif dalam memfasilitasi belajar siswa, begitu Ujar beliau.
Selain dengan beberapa platform tersebut, supervise juga dilaksanakan secara langsung dengan bergabung saat dilaksanakan pembelajaran langsung melalui Zoom Meeting. Hal ini terlihat saat pembelajaran kelas VIB yang dilaksanakan oleh Moh Abdul Ghofur, S.Pd.Si disupervisi langsung oleh Kepala Madrasah. Dengan mengikuti meeting dari awal sampai akhir didapat gambaran mengenai kelebihan dan kekurangan pembelajaran tersebut. Hal ini untuk perbaiakan pada pembelajaran berikutnya.
Pada akhirnya Tujuan dari supervisi ini adalah melihat kelebihan dan memberikan saran perbaikan pada guru agar para siswa terlayani untuk mendapat hak pendidikan tebaik.awr

Berita Terkait