Kasubdik Bina GTK Ditjen Pendis Kemenag RI Lakukan MONEV di MTs Negeri Tanggamus

17 Oktober 2020, 09:46 WIB

Tanggamus, MTsN 1 (Humas) --- Pelaksanaan assesmen kompetensi berdampak pada pemetaan sekaligus peningkatan kompetensi guru, kepala, dan pengawas madrasah. Ada beberapa indikator peningkatan kompetensi yang berbasis asesmen, yaitu: peningkatan kompetensi perencanaan (planning ability), integritas (integrity), manajemen tata kelola (well-organised), penguatan yang berkelanjutan (continuous employment), dan rasional (rational).

Untuk itu Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) melalui Kasubdit Bina GTK Ditjen Pendis Kemenag RI Dr. Ainurrafiq, M.Ag didampingi Sekretaris Pokjawas Provinsi Lampung Drs. Syahrul, M. Fis beserta rombongan serta Kasi Penmad Kemenag Kabupaten Tanggamus Hikmat Tutasry, S.Pd di dampingi Pengawas dan empat Kepala Madrasah Negeri di lingkungan kantor Kementrian Agama Kabupaten Tanggamus melakukan monitoring dan evaluasi dalam rangka persiapan pelaksanaan AKG, AKK dan AKP November mendatang. MTs Negeri 1 Tanggamus sebagai Tempat Asesmen Kompetensi (TAK). Kedatangannya disambut oleh Kepala Madrasah Fathul Bari, S.Pd., M.Pd.I bersama Ka. TU, dewan guru dan staf. Pada saat acara sarasehan di ruang Kepala Madrasah sebelum meninjau ruang kegiatan asesmen Dr. Ainurrafiq sempat mempertanyakan kegiatan simulasi yang dilaksanakan tanggal 15 Oktober 2020 di TAK MTs Negeri 1 Tanggamus terkait kondisi Sarpras dan Jaringannya dalam hal ini Hikmat memberikan penjelasan bahwa dalam pelaksanaan simulasi dapat berjalan dengan lancar. (17/10)

Dr. Ainurrafiq, M.Ag selaku Kasubdit Bina GTK Ditjen Pendis Kemenag RI  berpesan agar guru, kepala, dan pengawas madrasah mempersiapkan diri untuk mengikuti asesmen. “Seluruh guru, kepala, dan pengawas diharapkan bisa menjadi the winner dan the learner, tidak ada yang menjadi the looser,” ujarnya.

AKG, AKK dan AKP merupakan baseline pelaksanaan program Pengembangan Keprovesian Berkelanjutan (PKB) Madrasah tahun 2021. Hasil Asesmen antara lain peta sebaran dan kompetensi guru, kepala, dan pengawas madrasah (mapping competency).

“Itu akan jadi dasar implementasi program pengembangan keprofesian berkelanjutan yang berorientasi kepada mutu dan pemerataan,” imbuhnya.

Kasi Penmad Kemenag Kabupaten Tanggamus Hikmat Tutasry, S.Pd mengatakan dalam program asesmen kompetensi ini diharapkan mampu membenahi kualitas leadership, sekaligus mengembangkan jiwa entrepreneur guru, kepala, dan pengawas madrasah.

“Kualitas leadership yang baik adalah ketika mereka mampu memperlihatkan visi dan misi yang berkualitas, serta mampu menunjukkan arah yang baik kepada peserta didiknya maupun para binaannya,” katanya.

Sementara itu Fathul Bari, S.Pd., M.Pd.I selaku Kepala Madrasah mengucapkan rasa terima kasih kepada Tim Kasubdik Bina GTK Ditjen Pendis Kemenag RI beserta rombongan karena telah menyempatkan waktu untuk hadir di MTs Negeri 1 Tanggamus. Fathul juga mengungkapkan terima kasih kepada Tim Proktor hebat MTsN 1 yang telah mempersiapkan terkait Server, jaringan , Laptop dan lain sebagainya yang nantinya akan digunakan untuk kegiatan AKG, AKK dan AKP. (TIM Humas)

Berita Terkait