Siswa MAN IC Lampung Timur Raih Medali Perunggu KSN Tingkat Nasional 2020

17 Oktober 2020, 12:27 WIB

Lampung, Kanwil Lampung (Humas) – MAN Insan Cendekia Lampung Timur kembali mencatat sejarah baru dengan torehan prestasi terbaik siswanya di salah satu ajang lomba akademik bergengsi yakni Kompetisi Sains Nasional (KSN).

Adalah Andrereza Medya Endrikaputra, siswa MAN Insan Cendekia Lampung Timur (Kelas XI MIPA), berhasil meraih juara di ajang KSN tingkat Nasional  berdasarkan pengumuman resmi yang disampaikan oleh Pusat Prestasi Nasional pada Malam Apresiasi dan Pengumuman Pemenang Kompetisi Sains Nasional (KSN) jenjang SMA, Jumat, 16 Oktober 2020.

Andrereza Medya Endrikaputra meraih medali perunggu pada bidang Kebumian dalam kompetisi bergengsi KSN tingkat nasional tahun 2020 yang digelar oleh Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020.

Kegiatan KSN merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang kemudian akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada kompetisi-kompetisi tingkat internasional.

Kepala MAN Insan Cendekia Lampung Timur Antoni Iswantoro, M.Ed memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh siswanya dalam mengikuti KSN tingkat nasional 2020.

"Kami mengapresiasi dengan baik atas prestasi di event KSN tingkat nasional yang telah diraih oleh Andrereza Medya Endrikaputra di bidang kebumian, hal ini akan menjadi awal catatan sejarah baru pencapaian prestasi terbaik siswa MAN IC Lampung Timur, mengharumkan nama baik madrasah di kancah nasional," katanya.

Lebih lanjut kepala madrasah menyampaikan harapannya "Semoga keberhasilan ditingkat nasional ini menjadi pintu pembuka bagi siswa MAN IC Lampung Timur untuk meraih prestasi ditingkat internasional," ujarnya.

Ka. Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Drs. H. Juanda Naim, MH juga mengapresiasi capaian prestasi tingkat nasional yang diraih MAN IC Lampung Timur melalui salah satu siswanya.

"Selamat dan sukses MAN IC Lampung Timur atas prestasi yang telah diraih siswanya, madrasah yang baru pertama kali mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN), operasional baru berjalan satu tahun yang lalu namun sudah dapat berkiprah di ajang lomba bergengsi tingkat nasional yang diikuti siswa SMA dan MA se-Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa siswa madrasah bukan hanya memiliki akhlak islami tapi juga berprestasi di kejuaraan tingkat nasional," ucapnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, Direktur KSSK Madrasah Kemenag RI, DR. H. A. Umar, MA pun juga memberikan ucapan selamat kepada kepala MAN IC Lampung Timur, Antoni Iswantoro, M.Ed. atas prestasi yang telah dicapai.

"Alhamdulillah sukses bayi ajaib,, luar biasa pak Antoni, luar biasa MAN IC Lampung Timur," ungkapnya. (*)

Berita Terkait