Erwinto Hadiri Tabligh Akbar Peringatan HSN Tahun 2020

23 Oktober 2020, 16:58 WIB

Lampung Utara (Humas). Kamis, 22 Oktober 2020. Setelah mengikuti upacara Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2020 secara Virtual dengan Menteri Agama Republik Indonesia di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara, Kamis, 22 Oktober 2020. Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara (H. Erwinto, M.Kom.I) langsung menuju Pondok Pesantren Tri Bhakti Darul Fallah Desa Pekurun Barat Kecamatan Abung Tengah Kabupaten Lampung Utara untuk menghadiri Pengajian Akbar dalam rangka Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2020. Kamis, 22 Oktober 2020.

Tampak hadir dalam pengajian akbar tersebut Plt. Bupati Lampung Utara (H. Budi Utomo), Polres Lampung Utara, Kodim 0412 Lampung Utara, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Lampung Utara (Drs. H. Makmur, M.Ag), Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Lampung Utara, para tokoh masyarakat dan para santri pondok pesantren di Kabupaten Lampung Utara.

Dalam sambutannya Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara (H. Erwinto, M.Kom.I) menyampaikan bahwa pada tahun ini, memang peringatan Hari Santri tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana biasanya peringatan Hari Santri selalu ada beberapa kegiatan guna memeriahkan peringatan Hari Santri, tetapi di tahun ini kegiatan untuk memeriahkan hari santri di kurangi karena kita saat ini masih dalam masa Pandemi Covid-19. Kita juga harus lebih selalu banyak bersyukur dan selalu mengambil hikmah dari segala apa yang dilalui. Maka dari itu kita harus tetap selalu Ikhtiar dengan tetap menjaga Protokol Kesehatan.

Lanjut Erwinto, Alhamdulillah pada Peringatan Hari Santri (HSN) tahun ini Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Kotabumi Lampung Utara memberikan bantuan kepada  10 (sepuluh) santri serta memberikan bantuan untuk salah satu masjid di Kabupaten Lampung Utara.

Diakhir sambutan, Erwinto mengucapkan selamat Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2020, semoga para santri selalu sehat, seperti tema pada peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2020 ini “Santri Sehat, Indonesia Kuat”.

Sementara Plt. Bupati Lampung Utara (H. Budi Utomo) dalam sambutannya mengatakan membela negara itu bukan berarti kita harus berjuang mengangkat senjata, melainkan berjuang bersama untuk mengatasi segala kesulitan-kesulitan. Kita harus paham, bahwa mematuhi himbauan pemerintah adalah sebagian dari perjuangan melawain Covid-19. Maka dari itu, marilh kita bersama-sama berjuang mempertahankan keberlangsungan bangsa, berjuang untuk keluar dari kesulitan-kesulitan, berjuang untuk segera pulih  dari keterpurukan. Apalagi bagi para santri yang saat ini masih belahar di Pondok Pesantren, kalian harus bisa mengambil pelajaran dari kondisi saat ini, karena kalianlah yang kelak akan menjadi pengambil kebijakan, kalian akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa di masa depan, kalian harus bisa bertindak cepat dan cermat dalam mengambil keputusan  untuk mengatasi berbagai persoalan yang tengah dihadapi. Manfaatkanlah kemajuan teknologi online untuk menunjang belajar. Tetapi ingat,  kita harus bijak dalam menggunakan teknologi online ini. Sebab, disatu sisi kemajuan teknologi ini  tentu menguntungkan karena memberi banyak kemudahan, namun disisi lain bila tidka dilandasi  dengan keimanan maka teknologi ini bisa berbahaya. Karena itulah, sangat penting untuk menerapkan konsep pendidikan yang tidak hanya menjadikan manusia pintar dan menguasai ilmu pengetahuan, namun juga menjadikan manusia sebagai manusia yang kenal dan taat kepada Allah SWT. Maka disinilah  landasan moral agama itu sangat diperlukan untuk membentengi diri dari perbuatan yang negatif, melalui pendidikan di Pondok-Pondok Pesantren. (Rd/Sry).

Berita Terkait