Ka. Kanwil Monitoring Pelaksanaan Assessment Guru, Kepala, dan Pengawas Madrasah

19 November 2020, 17:33 WIB

Lampung, Kanwil Lampung (Humas) – Sebanyak 6.769 guru, kepala, dan pengawas madrasah se-Provinsi Lampung baik negeri maupun swasta mengikuti Uji Kompetensi yang digelar secara serentak oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi diseluruh Indonesia, Kamis, 19 November 2020.

Assessment yang berlangsung hingga tanggal 23 November 2020 ini dilaksanakan dengan sistem CAT dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Adapun peserta yang mengikuti ujian terdiri dari Guru Bahasa Inggris dan Guru Kelas untuk MI, Guru Mata Pelajaran yang terdapat di Ujian Nasional untuk MTs dan MA, pengawas, serta kepala madrasah.

Kemudian, materi assesmen meliputi tiga kompetensi, yakni kompetensi manajerial, kompetensi teknik (memahami tupoksi), kompetensi wawasan kultural (hasilnya guru, kepala, dan pengawas yang berintegritas, profesional, dan berwawasan kebangsaan yang luas).

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Drs. H. Juanda Naim, MH melakukan monitoring pelaksanaan ujian tersebut di MTs N 1 Bandar Lampung, MAN 2, MAN 1, dan MTs N 2 Bandar Lampung.

“Setelah saya pantau di beberapa madrasah, Alhamdulillah pelaksanaannya bisa berlangsung dengan baik. Kita berharap kompetensi para peserta yang mengikuti assessment ini bisa menjadi pemetaan dan tolak ukur terkait dengan kemampuan guru, kepala, dan pengawas madrasah,” ujar Ka. Kanwil disela-sela monitoring.

Menurut Ka. Kanwil, sasaran utama dari uji kompetensi ini adalah mewujudkan madrasah hebat bermartabat sebagai tindak lanjut dari kebijakan Kementerian Agama Pusat.

“Mudah-mudahan setelah melalui assessment, seluruh komponen di madrasah dapat menjadi ujung tombak dalam rangka peningkatan mutu madrasah. Harapannya, madrasah bisa lebih baik lagi dan harus lebih unggul dari sekolah umum. Serta memiliki daya saing global,” ucapnya. (Okta Kusuma Jatha / Saryono / Abdul Aziz)

Berita Terkait