Pembinaan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Katolik Tingkat Menengah Tahun 2020

20 November 2020, 19:34 WIB

Kanwil Kemenag Lampung (Humas) --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Juanda Naim menyampaikan materi pada kegiatan Pembinaan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Katolik Tingkat Menengah Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Bimas Khatolik Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung di Hotel Arinas Bandar Lampung, Jumat (20/11).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tuntutan kemampuan profesionalitas dan kreatifitas guru agama katolik, terutama karena profesi guru adalah profesi yang memerlukan pengembangan terus-menerus, karenanya setiap guru harus selalu siap belajar dan mengasah kemampuan dan siap beradaptasi dengan keadaan terus berubah.

Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung dalam pemaparannya menyampaikan bahwa seorang guru harus dituntut profesional dan berkompeten.

“Profesionalitas seorang guru harus dilandasi iman dan takwa, menguasai ilmu agama, mampu memberikan motivasi, menguasai kompetensi sosial, pedagogik, kepribadian,” Ujar Kakanwil.

“Tugas utama seorang guru yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan kemudian mengevaluasi hal tersebut,” Tambahnya.

Lebih lanjut Kakanwil menambahkan seorang guru harus memiliki kompetensi dibidangnya masing-masing

“Kompetensi profesionalitas merupakan kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam standar nasional penddidikan,”Pungkasnya.

Sementara itu dalam kesempatan tersebut Pembimas Katolik Felikarpus Sarimin menyampaikan bahwa kegiatan diikuti 20 orang peserta se Provinsi Lampung.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut agar guru pendidikan agama katolik memahami tentang kebijakan pemerintah dibidang pendidikan masa Covid-19, serta agar peserta memahami kurikulum dan RPP yang disederhakan pada masa covid saat ini,”Jelasnya. (Melawati Basyar/Abdul Aziz).

 

Berita Terkait