Kakanwil Pimpin Rapat Ekspos Hasil Audit Keputusan Atas Penanganan Covid-19 Bersama Tim BPK RI

21 November 2020, 13:03 WIB

Kanwil Kemenag Lampung (Humas) --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Juanda Naim memimpin rapat bersama tim Badan Pemeriksa Keuangan RI membahas tentang Ekspos Hasil Audit Keputusan Atas Penanganan Covid-19. Rapat tersebut diikuti para Kepala Bidang, Pembimas, Kasubag, Kasi serta  Kasubag TU Kota Bandar Lampung. Rapat dilaksanakan di Aula Sai Batin Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, sabtu (21/11).

Berbeda dari  tahun-tahun sebelumnya, audit BPK biasanya dilakukan terhadap entitas atau program tertentu. Namun kali ini, audit dilakukan secara menyeluruh terhadap seluruh jajaran pemerintahan, baik pusat dan daerah, serta instansi lain yang ikut terlibat dalam penanganan Covid-19. Termasuk instansi vertikal Kementerian Agama dari pusat hingga daerah tanpa terkecuali di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung

Oleh sebab itu dalam kesempatan tersebut Kakanwil menyampaikan beberapa hal penting terkait audit yang telah dilakukan oleh Tim BPK RI pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung.

"Untuk menjadi catatan kita semua, saya berharap apabila ada bantuan pusat harus terlebih dahulu disosialisasikan serta diikuti dengan juklak dan juknis agar kita mengetahui penggunaan dan sasaran bantuan, ini semua saran dari tim BPK,” ujar Kakanwil. “Agar kita tidak menemukan masalah dikemudian hari,’’ Tambahnya.

Untuk diketahui bahwa pemerintah memiliki kewenangan yang luas di bidang keuangan negara untuk megambil langkah extraordinary dalam penanganan Covid-19 ini. Hal ini memang tertuang dalam Perppu nomo 1 tahun 2020 Kebijakan Keuangan dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Covid-19, yang kemudian disahkan sebagai Undang-Undang. (Musal Badri/Melawati Basyar/ Rizki).

Berita Terkait