Plt. Kepala Kankemenag Bersama Bupati Lampung Utara Ikuti VC Penyerahan DIPA Tahun 2021

27 November 2020, 15:26 WIB

Lampung Utara (Humas). Jum’at, 27 November 2020. Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara (H. Erwinto, M.Kom.I), mengikuti Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2021 secara Video Conference bertempat di Rumah Jabatan Dinas Bupati Lampung Utara, Jum’at, 27 November 2020, Pukul : 08.00 Wib. Jum’at, 27 November 2020.

Tampak hadir juga dalam acara tersebut Bupati Lampung Utara (H. Budi Utomo, SE), Kepala KPPN Kotabumi, Dinas Instansi Vertikal, MAN 1, MAN 2, MTsN 1, MTsN 2 dan MTsN 3 Lampung Utara serta Instansi yang mendapatkan DIPA.

Para peserta tampak khidmat menyaksikan Video Conference tersebut. Di dalam Video Conference tersebut Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Lampung (Sofian Arifin) dalam sambutannya mengatakan bahwa alokasi untuk Provinsi Lampung dalam DIPA APBN Tahun Anggaran 2021 sejumlah Rp10,39 triliun yang tersebar di 478 satuan kerja. Adapun rinciannya yakni Satker Pusat sebanyak 14 DIPA dengan pagu sebesar Rp. 3,30 triliun, Satker Instansi Vertikal sebanyak 414 DIPA dengan pagu sebesar Rp. 6,63 triliun, Satker Tugas Dekonsentrasi sebanyak 38 DIPA dengan pagu sebesar Rp. 116,37 miliar, dan Satker Tugas Pembantuan sebanyak 12 DIPA dengan pagu sebesar Rp. 333,44 miliar. Sofian Arifin menghimbau kepada pada kepala satuan kerja untuk melakukan beberapa langkah strategis agar pelaksanaan anggaran tahun depan dapat dilaksanakan dengan baik. Pertama, mempercepat penetapan pejabat perbendaharaan seperti KPA, PPK, PPSPM dan Bendahara. Kedua, menyusun time frame of budget execution atau kalender kegiatan setiap satker dengan tepat. Ketiga, melakukan pelelangan/pengadaan barang dan jasa khususnya yang berasal dari belanja barang dan modal sebelum Januari 2021. Keempat, melakukan percepatan pemenuhan dokumen persyaratan penyalur DAK Fisik dan Dana Desa. 

 

Sofian Arifin menuturkan kebijakan fiskal tahun 2021 mengedepankan percepatan pemulihan ekonomi dan penguatan reformasi, untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi Covid-19. Kemudian menjadi momentum untuk melakanjutkan dan memantapkan reformasi di berbagai  aspek kebijakan guna mempersiapkan pondasi yang kokoh dalam rangka melaksanakan transformasi ekonomi menuju visi Indonesia Maju 2045. 

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Lampung (Fahrizal Darminto) mengatakan bahwa pihaknya akan intensif melakukan monitoring dan evaluasi secara periodik terhadap penyerapan anggaran dan pelaksanaan program atau kegiatan. Hal tersebut merupakan bentuk upaya nyata mendorong penguatan fungsi anggaran pemerintah sebagai penggerak perekonomian. Kemudian kinerja pelaksanaan anggaran wajib ditingkatkan agar semakin berkualitas sesuai dengan capaian dan output yang telah ditetapkan.  (Rd/Sry).

Berita Terkait